Sukses

Relationship

9 Cara Berhenti jadi Pacar yang Jealous Berlebihan Sampai Cemburu Buta

Fimela.com, Jakarta Cemburu katanya menjadi bumbu percintaan yang memiliki manfaat yang membawa pasangan lebih erat dan dekat. Tapi kalau sampai berlebihan apalagi cemburu buta, saatnya mengevaluasi jika ada masalah pada kita.

Psikolog konseling Kranti Momin yang juga praktisi CBT akan membagi cara untuk berhenti menjadi pacar yang cemburu melansir dari bonobology; 

1. Cari tahu sumber perasaan untuk berhenti cemburu dan insecure

Meski pasangan yang menyebabkan gejolak di hati kita, akan sangat membantu untuk meminta bantuan mereka memetakan perasaan sendiri dan memahami apa yang membuat kita merasa seperti ini. Apakah ada trauma hubungan masa lalu atau insiden masa kecil atau hal lain yang membuat kita terus merasakan seperti ini? 

"Jika kamu cemburut karena pasangan sering berbicara dengan orang lain dan itu membuat kesal, penting untuk mencoba dan memahami sumber perasaan ini. Bahkan dapat membantu untuk mengakui hal ini kepada pasangan dan membicarakannya dengan mereka," saran Kranti.

 

 

2. Ukur harapan kita dalam hubungan  

 

Jika isi kepala kita dipenuhi pikiran ingin berhenti cemburu dengan pacar tetapi tidak bisa, luangkan waktu untuk memikirkan apakah dia atau kita yang merasa seperti itu? Apakah kita memiliki harapan yang tidak realistis darinya yang terus-menerus membuat kita terlalu memikirkan setiap tindakannya?

Mengharapkan dia untuk menelepon kita terlalu sering atau meluangkan waktu untuk kita di tengah hari yang sibuk. Sementara ini adalah isyarat romantis yang kita harapkan darinya yang bisa menjadi harapan sia-sia.

Jadi pikirkan lagi apakah standar yang kita tetapkan terlalu tinggi. Karena itu bisa menjadi alasan di balik kecemasan tentang dia sepanjang waktu.

 

 

3. Minta pendapat seseorang yang mengenal kita dengan baik

Mereka yang mengenal kita dengan baik akan mencoba memberi nasihat terbaik juga. Seorang teman, sepupu, atau bahkan ibu kita sendiri dapat membantu kita mengatur kembali perasaan dengan lebih baik.

Coba untuk melampiaskan, jujurlah dengan diri sendiri, dan dengan mereka agar mereka bisa memberi perspektif tentang kita. Terkadang, pendapat orang luar dapat membantu kita melihat sesuatu dengan cara yang tidak kita lihat sebelumnya.

 

 

4. Ungkapkan isi hati secara terbuka

Memendam perasaan sendiri benar-benar tidak baik untuk hubungan. Jika hal itu sangat mengganggu, akan sangat membantu jika kita mengakui secara terbuka pada pasangan dan membiarkan mereka memberi tahu apa yang dipikirkannya. 

"Jika kamu sedih karena mereka tidak punya cukup banyak waktu denganmu atau mereka lebih banyak bergaul dengan teman-temannya, katakanlah. Bagikan rasa tidak aman dengan pasangan secara jujur sehingga dapat diatasi bersama," lanjut Kranti.

 

5. Pikirkan tentang kecemburuan yang membuat kita dalam kondisi sulit

Sadar tidak jika cemburu membuat kita jadi orang yang sulit, bisa tiba-tiba dalam kondisi panik atau merasa dan menahan emosi yang menyakitkan, benar-benar pahit. Meski menyakitkan untuk mengingat semua emosi, penting bagi kita untuk melihat bagaimana kecemburuan merusak hubungan kita.

 

 

6. Coba teknik sublimasi

Dalam teknik ini, seseorang menyalurkan kemarahan dan frustrasi mereka ke dalam cara yang dapat diterima secara sosial yang memungkinkan kekuatan impuls awal pada akhirnya memudar. Misalnya, cobalah kelas dansa yang selama ini kita tunda karena tidak cukup waktu.

"Jika pasangan pergi dengan seseorang yang tidak kita sukai, jangan memikirkannya terus-menerus. Cobalah untuk memanjakan diri dengan aktivitas untuk mengubah pikiran," lanjut Kranti.

 

7. Mempraktikkan rasa syukur

Pahamilah jika cemburu kita mungkin tidak berakar pada hubungan, tetapi pada hidup kita. Sebab itu, cobalah untuk membuat jurnal atau memikirkan hal-hal yang kita syukuri untuk merasa lebih nyaman dalam menjalani hidup. 

Ada banyak hal yang bisa kita syukuri setiap harinya. Beri diri kita kesempatan untuk melihat betapa bahagianya jika kita hanya memperhatikan hal-hal baik, dan perlahan kecemburuan sudah mulai meredup karena lebih banyak bersyukur.

 

8. Temukan kekuatan sendiri

Untuk berhenti cemburu, berilah waktu untuk diri sendiri untuk menyembuhkan diri sendiri dan menanamkan lebih banyak hal positif dalam hidup.  Seperti mengikuti kelas menari, melukis, atau hal yang menarik bagi kita. 

Saat kita terlibat dalam pengejaran yang mengeluarkan sisi terbaik kita, kecemburuan bisa menjadi hal terakhir dalam pikiran. Kuncinya adalah menemukan hal-hal yang secara alami meningkatkan harga diri dan memberi tujuan yang lebih baik.

9. Pertimbangkan untuk pergi ke terapis

Sudah mencoba semua teknik di atas dan masih merasa terjebak di titik awal? Mungkin sudah saatnya untuk berkonsultasi pada ahli yang memahami perasaan kita, seperti terapi. Tidak ada salahnya untuk mencoba berbicara dengan expert yang membantu kita untuk mengakhiri menjadi pacar pencemburu.

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading