Sukses

Relationship

Rangkuman Tren Kencan Sepanjang 2021 Menurut Tinder

Fimela.com, Jakarta Kalau tahun 2019 buat kita tepok jidat dengan situasi di dunia dan 2020 buat kita angkat bahu dengan ketidakpastian soal masa depan, tahun 2021 adalah tahun kita semua bertukar  dan menyaksikan drama terus berlanjut. Dari berbagi tampilan ini sampai apresiasi terhadap pertemuan sederhana dan buat jadi nyata dengan penyebutan vaksin, anggota Gen Z Tinder menunjukkan cara mereka jadi diri sendiri saat ingin terhubung dengan orang baru di tahun 2021.

Tahun 2021 adalah tahun Side Eye  

Di saat jutaan emoji digunakan di biodata Tinder, satu emoji yang sedang naik daun dan menarik perhatian: Side Eye (Lirikan Mata)  yang penggunaannya di biodata Tinder secara global meningkat sebanyak 40% di tahun ini, karena para anggota menunjukkan optimisme dan skeptisisme sepanjang tahun. Menunjukkan optimisme untuk masa depan dan aura positif (good vibes) secara umum, dua emoji lain yang sesuai dengan orang Indonesia tahun ini adalah emoji terima kasih. 

 

  URL atau IRL.

Pada tahun 2021, Gen Z menikmati kencan virtual dan pertemuan langsung pasca vaksinasi. Kencan lewat video berubah menjadi cara utama kencan pertama bagi para lajang dengan penyebutan "panggilan video" di biodata Tinder meningkat sebesar 52% secara global. Sedangkan di Indonesia, Gen Z juga melihat kencan virtual sebagai kesempatan untuk membangun koneksi yang lebih kuat, dengan Riau, Jakarta dan Lampung sebagai tiga kota teratas yang paling suka mengobrol lewat obrolan video (video chat). Namun, Gen Z juga ingin terhubung dengan orang-orang baru yang dekat dengan mereka untuk kehidupan nyata dengan penyebutan "terdekat" dan "dekat" keduanya meningkat sebesar 20% dalam biodata Tinder secara global.

Ide kencan pertama meliputi kegiatan yang nyaman hingga ‘outdoorsy’.

Pada tahun 2021, kami mengetahui bahwa kencan pertama akan lebih banyak seputar aktivitas dibandingkan pencair suasana (icebreaker). Mereka yang lajang memilih aktivitas kencan pertama yang lebih menarik dan unik untuk membantu mereka benar-benar kenal satu sama lain. Banyak terlihat di biodata Indonesia, kegiatan di luar ruangan seperti naik gunung, berkemah dan golf menjadi pilihan Gen Z di Indonesia untuk membuat pengalaman kencan pertama yang tak terlupakan. Ketika ditanya tentang rencana kencan pertama di Tinder**, ‘bertemu untuk ngopi’ atau ‘piknik di taman’ menjadi rencana yang paling banyak dipilih oleh anggota Gen Z Indonesia. 

Sudah divaksin menjadi pembuka obrolan baru

Ketika vaksinasi adalah hal pertama yang ada di daftar persiapan kencan dalam setahun, membagikan gaya hidup mereka setelah vaksinasi membuat Gen Z jadi lebih aman untuk bertemu dengan orang lain. Setelah program vaksinasi dipercepat secara lokal, penyebutan ‘Vaksin’ di biodata anggota Tinder di Indonesia juga telah meningkat di bulan September ketika anggota menginginkan status vaksinasi menjadi hal yang penting saat kencan. 

Gestur kecil menjadi hal yang besar.

Hal-hal kecil membuat sebuah kencan menjadi favorit. Penyebutan "hal-hal kecil" meningkat 30% dari tahun ke tahun di biodata Tinder saat para anggota berbagi apresiasi mereka terhadap hal-hal kecil dalam hidup yang membuat mereka bahagia. Anggota Tinder di Indonesia menyukai berbagai gestur kecil seperti ‘dikejutkan dengan kopi’ atau ‘saat gaya berpakaian mereka dipuji’ yang akan membuat hari mereka jadi lebih menyenangkan**.

Lagu-lagu kencan buat suasana tetap tulus dan nyata.

Dengan musik menjadi yang paling diminati oleh anggota Tinder secara global, lagu-lagu yang dipilih anggota untuk ditampilkan di profil mereka memberi tahu kami banyak hal tentang suasana hati mereka. Emosi pada lagu good4u dari Olivia Rodrigo dan STAY dari Kid Laroi & Justin Bieber menduduki peringkat teratas di biodata Tinder pada tahun 2021.

“Tinder adalah tempat bagi Gen Z untuk membangun koneksi dan menunjukkan diri mereka yang paling otentik. Melihat ke belakang, kami menyaksikan anggota Tinder di seluruh dunia mengekspresikan apa yang paling penting bagi mereka sambil menemukan koneksi bermakna yang tak terduga. Sepanjang tahun 2021, anggota Gen Z di Indonesia terus berpetualang, berharap, dan siap untuk keluar dari zona nyaman mereka. Hal ini membuat kami menantikan tahun 2022 di mana Gen Z merayakan masa depan kencan,” kata Papri Dev, Head of APAC Communications Tinder.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading