Sukses

Relationship

7 Tanda Dirimu Tidak Merasa Insecure dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang bisa merasa nyaman dan aman dengan dirinya sendiri. Kebanyakan orang merasa insecure dan itu tak baik. Tapi bagaimana cara mengetahui apakah dirimu merasa insecure atau tidak? Dilansir dari Ideapod, sekian tanda ini menunjukkan dirimu tidak merasa insecure.

1. Nyaman sendirian

Faktanya, kamu merasa bahagia saat sendirian. Kamu tak selalu butuh orang lain untuk membuat hidupmu merasa 'hidup'. Kamu tahu dirimu butuh manusia lain di dunia ini, tapi sebanyak kamu menikmati kebersamaan dengan orang lain, kamu tak pernah merasa kesepian saat sendirian. Kamu nyaman dalam kondisi apa pun, bersama orang lain maupun sendirian.

2. Tak harus selalu merasa benar

Ketika melakukan kesalahan, kamu belajar. Kamu tidak ngotot merasa paling benar, karena kamu manusia yang bisa melakukan kesalahan. Kamu juga tak selalu menyalahkan diri sendiri. Kamu tak merasa perlu membujuk orang lain untuk mengikuti cara pikirmu.

3. Kamu bisa mengatakan 'tidak'

Kamu tidak hidup untuk menyenangkan hati orang lain. Kamu menolak jika memang tak menginginkannya, kamu tahu bagaimana cara mengatakan 'tidak' untuk sesuatu yang memang tak kamu kehendaki. Menjadi orang dewasa bukan berarti harus melakukan segalanya. Kamu berkompromi namun juga punya pendirian.

4. Menunjukkan kasih sayang

Kamu menunjukkan perasaan emosionalmu dengan jujur. Kamu tak berpikir menjadi dewasa berarti harus kuat dan tak pernah menangis. Ada kalanya kamu menangis dan sedih, dan ada kalanya kamu bersikap tahan banting. Kamu punya kebaikan hatim empati dan pengertian. Kehidupan mengajarkan banyak hal agar kita bisa menunjukkan reaksi berbeda, bukan menahan segalanya.

5. Melepaskan pergi

Kamu tidak hidup di masa lalu, atau merasa menyesal dan kecewa berlebihan. Kamu hidup mengalir bagai air, move on karena kehidupan terus berjalan. Kamu bersikap legowo, menerima kenyataan. Itulah alasan kamu mudah melepaskan sesuatu yang sudah ditakdirkan untuk pergi. Sebagai gantinya, kamu bersyukur telah mengenal, memiliki atau mengalami hal itu dalam hidupmu.

6. Tidak khawatir apa yang dipikirkan orang

Rasa insecure seringkali muncul karena rasa khawatir 'apa kata orang'. Bukannya kamu cuek dan persetan dengan pendapat orang lain, hanya saja kamu memilah apa yang penting untuk dipikirkan. Jika kamu merasa anggapan orang lain justru menjatuhkanmu, kamu tak ingin memikirkan hal itu. Kamu hidup sama sekali tak merasa terancam dengan pikiran orang lain, kamu menghargai dirimu sendiri.

7. Tidak haus perhatian

Jika orang bisa menghargai dan memberimu apresiasi kemudian kamu menjadi sorotan, maka kamu berterima kasih. Tapi jika usahamu tidak terlalu terlihat di mata mereka meski sudah memberi hasil sebaik mungkin, kamu tak merasa terganggu. Mencari perhatian adalah tanda dirimu merasa insecure, merasa tak berharga ketika orang tak mengakuimu. Kamu merasa membual atau menyombongkan diri bukan cara yang kamu butuhkan untuk diakui.

Banyak hal bisa menunjukkan betapa kamu nyaman dengan dirimu sendiri atau tidak. Coba cek, sudahkah kamu memiliki sekian tanda-tandanya Sahabat Fimela? Selamat jika kamu tidak merasa insecure.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading