Sukses

Relationship

5 Tips Menjaga Hubungan Jangka Panjang yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Setiap hubungan apa pun dibutuhkan kerja sama untuk menjaga hubungan tersebut bertahan. Tak jarang beberapa pasangan mengakhiri hubungan lantaran tak mampu membuat upaya mempertahankannya. Menjalani hubungan tak seindah di novel atau film romantis. Pastinya aka nada masalah yang muncul dan perlu menyelesaian bersama.

Ya, tampaknya mudah untuk melakukan upaya mempertahankan hubungan, tetapi ketika benar-benar menghadapinya akan lebih sulit seperti yang dibayangkan. Menjaga hubungan jangka panjang yang sehat dibutuhkan waktu dan usaha. Dan jika kamu benar-benar bisa berkomtimen untuk itu, percayalah hubungan akan tetap bertahan dan bahagia. Lalu seperti apa cara menjaga hubungan jangka panjang yang sehat? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kompromi

Di awal hubungan, hal-hal cenderung lebih seimbang. Keinginan dan kebutuhan mereka dan kebutuhanmu dihormati secara setara. Namun seiring waktu, tidak jarang kita menjadi sedikit egois dan mengembangkan preferensi yang lebih kuat untuk hal-hal yang ingin kita inginkan. Untuk mempertahankan hubungan yang sehat, penting untuk mengenali perubahan itu.

2. Bersikap Terbuka

Bersikaplah terbuka dan jujur ​​tentang perasaanmu. Komunikasi yang efektif sangat penting untuk hubungan jangka panjang yang sukses. Terkadang kita mulai menyembunyikan sesuatu karena kita tidak ingin mengganggu pasangan kita. Dalam kasus lain, kita mungkin ingin mempertahankan emosi tertentu karena kita merasa itu menempatkan kita pada posisi berkuasa. Apa pun alasannya, penting untuk menghindari membangun tembok atau menyembunyikan kebenaran tentang perasaan kita.

3. Ingatlah Bahwa Kamu dan Pasangan Tidak Perlu Memenangkan Argumen

Ketahuilah bahwa tidak ada yang pernah memenangkan argumen. Yang perlu diingat adalah bahwa kamu dan pasangan perlu menyelesaikan setiap masalah secara bersama. Perlu diingat bahwa jika menghadapi suatu masalah, argument dibutuhkan untuk menemukan solusi yang dapat diterima bersama untuk masalah tersebut.

4. Pahami Bagaimana Pasanganmu Mengekspresikan Cinta

Bahkan untuk pasangan yang telah bersama selama bertahun-tahun, mudah untuk melupakan bagaimana pasangan mereka cenderung menunjukkan cinta. Meluangkan waktu untuk mengenali dan menghargai ungkapan-ungkapan itu adalah cara terbaik untuk membuatnya hidup.

5. Berikan Ruang

Bagi sebagian orang rasanya tidak wajar untuk melakukan sesuatu secara terpisah. Tetapi kenyataannya adalah, kita semua membutuhkan ruang pribadi, bahkan jika kebutuhan itu tidak pernah atau sering mencapai tingkat kesadaran. Dan, adanya ruang benar-benar membuat hati semakin dekat.

Hubungan jangka panjang yang sehat dapat memiliki pengaruh positif yang kuat pada kesehatan mental dan emosional.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading