Sukses

Relationship

Kerap Terjadi, Inilah yang Dihadapi Moms Saat Menemani Anak Belajar dari Rumah

Fimela.com, Jakarta Menjalani sekolah online bukan saja jadi tantangan sendiri bagi anak-anak, tetapi juga orang tua yang setia mendampingi. Paling tidak, hal inilah yang sering dilakukan para Moms di rumah. Selain sibuk menjadi ibu rumah tangga sekaligus membereskan pekerjaannya sendiri, Moms juga perlu telaten membagi waktu menemani buah hati saat belajar dari rumah.

Meski menemani anak-anak jadi sesuatu yang biasa dijalani oleh Moms, terutama selama di rumah saja seperti belakangan ini, tetapi tak jarang beberapa kendala dijumpai saat menemani anak-anak belajar dari rumah. Bahkan, tanpa disadari beberapa kendala ini kerap terjadi saat orang tua menemani buah hati sekolah online.

Kesulitan dalam Menjelaskan Tugas dari Guru

Tak seperti saat mengikuti pelajaran di sekolah, anak-anak bisa langsung bertanya kepada gurunya ketika merasa kurang paham. Saat sekolah online, guru hanya menjelaskan dengan waktu yang singkat. Setelah itu, anak-anak diberikan tugas, agar bisa dikerjakan di rumah.

Sayangnya hal tersebut tak langsung dipahami anak-anak. Mau tak mau, Moms pun harus meneruskan tugas menjadi guru di rumah. Bagi Moms, ini menjadi tantangan tersendiri. Lebih-lebih jika materinya lumayan sulit dipahami. Namun, demi memudahkan anak-anak memahaminya, Moms harus turut berusaha dan membantunya. Sebab, bagaimanapun kalau anak berhasil, Moms pula yang akan bangga.

 

Semangat Belajar Anak yang Naik-Turun

Jika anak-anak bisa melepas penat saat belajar dengan bermain teman-temannya di sekolah, maka hal serupa mustahil dilakukan di rumah. Selama berlangsungnya sekolah online, anak-anak hanya bisa video call saja dengan teman-temannya. Lagi-lagi peran Moms di sini amat dibutuhkan, agar anak-anak tetap semangat menjalani adaptasi baru ini.

Moms bisa menumbuhkan motivasi buah hati dengan memposisikan diri sebagai teman bermainnya saat di rumah. Ajak dia melakukan beragam kegiatan menarik. Moms juga bisa melibatkannya dalam kegiatan sehari-hari di rumah, seperti bantu masak, hingga menyiram tanaman. Bukan saja bisa mengusir kebosanan, tetapi bisa menumbuhkan kreativitas dan hobi baru buatnya.

Jangan lupa berikan reward sederhana atas pencapaian-pencapaian kecil yang dilakukannya. Misalnya, dengan membuatkannya kue kesukaan, memasakkan hidangan lezat favoritnya dan lainnya. Meski tampak sepele, apresiasi macam ini bisa turut meningkatkan motivasinya dalam mempelajari hal-hal baru setiap hari.

Perangkat Penunjang Belajar yang Kurang Memadai

Tantangan lainnya yang juga kerap dialami oleh anak-anak maupun Moms yang mendampingi saat sekolah online adalah perangkat penunjang belajar yang kurang memadai. Bagaimanapun gawai yang mumpuni dibutuhkan, demi menunjang kelancaran proses belajar anak-anak dari rumah.

Salah satu gawai yang bisa diandalkan untuk mendukung belajar online anak-anak dari rumah adalah Samsung Galaxy Tab A8. Gawai satu ini punya keunggulan baterai kuat sebesar 7040 mAh yang tahan berjam-jam, memori besar 128GB yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beragam file teks, foto maupun video, serta layar sebesar 10,5 inci yang nyaman untuk menikmati konten, streaming seri favorit keluarga, video call hingga sekolah online.

Tak hanya itu, gawai ini juga dilengkapi Quad-Speaker berteknologi Dolby Atmos, sehingga menyempurnakan kualitas suaranya yang jernih dan bebas distorsi. Dengan adanya fitur Samsung Kids di dalamnya kian bikin Samsung Galaxy Tab A8 kids friendly. Menariknya, Moms bisa mendapatkan gawai tersebut secara cuma-cuma dengan ikutan kompetisi Curhat Bunda: Impian Punya Samsung Galaxy Tab A8 Untuk Bantu Anak Sekolah Dari Rumah.

Caranya? Upload satu atau beberapa slide foto bersama anak saat school from home tanpa ada device. Ceritakan sedikit keluhan yang dihadapi untuk membuat anak semangat sekolah dari rumah dan jelaskan alasan kenapa ingin memiliki Samsung Galaxy Tab A8, termasuk menyebutkan fitur yang diinginkan, sehingga daily activity semakin mudah dan school from home lebih menarik sebagai caption. Sertakan hashtag #MakinmanTAB, #GalaxyTabA8, #FimelaXSamsung dan ajak 3 teman untuk mengikuti kompetisi ini. Jangan lupa tag akun Instagram @fimeladotcom dan @samsungindonesia dalam caption.

Jika beruntung, 3 pemenang terbaik bisa mendapatkan hadiah berupa Samsung Galaxy Tab A8. Kompetisi ini sendiri berlangsung dari 28 Maret sampai 25 April 2022. Yuk ikutan sekarang juga!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading