Sukses

Relationship

7 Tips Membangun Kepercayaan Dalam Sebuah Hubungan

Fimela.com, Jakarta Kepercayaan menjadi fondasi untuk hubungan yang kuat dan langgeng. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan akan lebih mudah mengalami pertengkaran dan bahkan menjadi salah satu faktor berakhirnya suatu hubungan.

Kepercayaan dapat dibangun dalam hubungan. Tentunya ini dilakukan dengan kedua belah pihan antara kamu dan pasangan. Lalu, bagaimana cara membangun kepercayaan tersebut? Yuk, simak beberapa tips membangun kepercayaan di dalam hubungan berikut ini.

1. Jujurlah Pada Kata-katamu dan Tindak Lanjuti dengan Tindakanmu

Inti dari membangun kepercayaan adalah agar orang lain percaya dengan apa yang kamu katakan. Namun, perlu diingat bahwa membangun kepercayaan tidak hanya membutuhkan menepati janji yang kamu buat, tetapi juga tidak membuat janji yang tidak dapat kamu tepati.

Menjaga kata-kata menunjukkan kepada orang lain apa yang kamu harapkan dari mereka, dan pada gilirannya, mereka akan lebih cenderung memperlakukanmu dengan hormat, mengembangkan kepercayaan lebih lanjut dalam prosesnya.

2. Pelajari Cara Berkomunikasi Secara Efektif dengan Orang Lain

Komunikasi yang buruk adalah alasan utama mengapa hubungan rusak. Komunikasi yang baik mencakup kejelasan tentang apa yang telah atau belum kamu lakukan dan apa yang telah disepakati.

Membangun kepercayaan bukan tanpa risiko. Ini melibatkan membiarkanmu dan orang lain mengambil risiko untuk membuktikan kepercayaan. Untuk menavigasi ini, komunikasi yang efektif adalah kuncinya. Tanpa itu, kamu mungkin menemukan pesan yang ingin kamu kirim bukan pesan yang diterima.

3. Ingatkan Diri Sendiri, Bahwa Butuh Waktu untuk Membangun dan Mendapatkan Kepercayaan

Membangun kepercayaan adalah komitmen harian. Jangan membuat kesalahan dengan berharap terlalu banyak terlalu cepat. Untuk membangun kepercayaan, pertama-tama ambil langkah kecil dan ambil komitmen kecil dan kemudian, saat kepercayaan tumbuh, kamu akan lebih nyaman membuat dan menerima komitmen yang lebih besar. Taruh kepercayaan, dan kamu biasanya akan mendapatkan kepercayaan sebagai balasannya.

4. Luangkan Waktu untuk Mengambil Keputusan Sebelum Bertindak Terlalu Cepat

Milikilah keberanian untuk mengatakan "tidak", bahkan ketika itu mengecewakan seseorang memang diperlukan. Jika kamu menyetujui sesuatu dan tidak dapat menindaklanjutinya, semua orang yang terlibat akan lebih buruk.

Perjelas tentang apa yang kamu miliki, dan lacak komitmenmu. Menjadi terorganisir adalah bagian penting dari membangun kepercayaan dengan keluarga, teman, dan kolega. Ini memungkinkanmu untuk membuat keputusan yang jelas apakah akan menyetujui permintaan waktu dan energimu.

5. Hargai Hubungan yang Kamu Miliki

Kepercayaan sering kali muncul dari konsistensi. Kita cenderung memiliki kepercayaan paling besar pada orang-orang yang ada untuk kita secara konsisten melalui saat-saat baik dan buruk. Secara teratur menunjukkan kepada seseorang bahwa kamu ada untuk mereka adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan.

6. Kembangkan Keterampulan Kerjasama dan Terbuka Satu Salam Lain

Ketika kamu mengambil peran aktif dalam sebuah tim dan memberikan kontribusi, orang-orang akan lebih mungkin untuk menghormati dan mempercayaimu. Ini juga penting ketika membangun kepercayaan dalam tim untuk menunjukkan kesediaanmu untuk mempercayai orang lain.

Menjadi terbuka dan bersedia memberikan kontribusi dan terlibat menunjukkan hal ini. Dengan kata lain, pertimbangkan apa yang dikatakan orang lain, tunjukkan bahwa kamu mendengarkan secara aktif, sarankan pemikiran dan umpan balik dengan cara yang hormat, dan tunjukkan bahwa kamu bersedia menjadi bagian dari tim.

7. Selalu Jujur

Pesan yang kamu sampaikan harus selalu, selalu menjadi kebenaran. Jika kamu ketahuan berbohong, sekecil apa pun, kepercayaanmu akan berkurang.

Kepercayaan menjadi pondasi kuat dalam suatu hubungan. Tanpa adanya keterbukaan satu sama lain, itu berarti kamu dan pasangan membunuh hubungan secara perlahan. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading