Sukses

Relationship

Merasa Dimanipulasi Pasangan? Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Gaslighting

Fimela.com, Jakarta Gaslighting adalah hubungan beracun yang terlalu sering terjadi dalam hubungan romantis saat ini. Ini meliputi bentuk manipulasi yang parah yang membuat korban begitu rentan dan berpikiran negatif sehingga mereka mempertanyakan seluruh realitas mereka.

Mereka membuat korbannya merasa seolah-olah mereka berada dalam dongeng kehidupan nyata. Tapi begitu mereka mendapatkan kendali yang cukup atas mainan baru mereka, dongeng itu berakhir. Mereka mengubah hidup pasangan mereka menjadi tidak berdaya. Mereka membuat pasangannya mempertanyakan harga diri, kemampuan saat membuat keputusan, dan persepsi tentang orang-orang di sekitarnya. Lalu seperti apa sih, tanda-tanda pasangan yang mungkin melakukan gaslighting? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Merasa Bingung

Kamu sering merasa bingung, terutama ketika kamu berada di bawah awasan pasanganmu. Mereka membuatmu gugup dan tidak menyadari apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Hampir terasa seperti pasanganmu berusaha keras untuk membuatmu tetap dalam kegelapan. Jika kamu merasa hal aneh terjadi pada dirimu selama menjalin hubungan dengannya, sebaiknya jangan abaikan perasaan dan intuisimu itu.

2. Kamu Sering Merasa Bersalah

Setiap kali kamu mendapati pasanganmu berbohong kepadamu, menyakitimu, bahkan selingkuh, mereka memutarbalikkan fakta sehingga kamu akhirnya merasa bersalah. Entah bagaimana mereka memperlakukanmu dengan cara apa pun yang mereka lakukan, untuk membuatmu merasa bersalah. 

3. Mereka Memanfaatkan Rasa Tidak Aman untuk Melawanmu

Sayangnya, alih-alih membantumu mengatasi ketakutanmu, mereka terus-menerus menunjukkan rasa tidak amanmu dan menanamkan keraguan diri yang parah dalam pikiranmu. Akhirnya, perilaku beracun ini membantu mereka mendapatkan kendali atas dirimu, yang cukup bagi mereka untuk dengan percaya diri memanipulasi setiap keputusan yang kamubuat.

4. Dia Tidak Bisa Hidup Tanpamu

Dia memberi tahumu bahwa dirimu sangat berarti baginya, dia akan mati tanpamu. Ini tidak romantis, ini hal yang menyeramkan. Bagi beberapa pelaku kekerasan emosional, ini bisa berakhir dengan ancaman bunuh diri sebagai cara untuk mengontrol saat dirimu tidak melakukan apa yang mereka inginkan.

5. Dia Menjadi Sangat Manis setelah Bertengkar

Saat bertengkar hebat setelah itu dia menjadi penyayang dan manis. Ini adalah cara untuk membuatmu merasa bersalah karena mengkonfrontasinya atas sesuatu yang menyebabkan pertengkaran. Dia akan berkata, "Kamu salah paham padaku," sebagai cara untuk membuatnya tampak seperti seseorang yang manis dan masuk akal.

6. Membanjirimu dengan Hadiah yang Tak Perlu

Ini mungkin manis, tetapi tidak jika dia merendahkanmu karena hal-hal yang dimiliki. Jika dia mengganti furnitur, pakaian, atau item lainnya dengan yang dia sukai untukmu, dia tidak memberimu hadiah kejutan, dia mencoba mengubahmu menjadi sesuatu yang bukan dirimu.

Well, ketika kamu merasakan hal di atas, akan lebih baik untuk waspada. Dan pikirkan kembali untuk melanjutkan hubungan dengannya. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading