Sukses

Relationship

5 Hal yang Membuat Hubungan Rentan Putus

Fimela.com, Jakarta Sebelum melangkah ke pernikahan, umumnya kita dan pasangan perlu waktu untuk saling mengenal satu sama lain. Perlu waktu untuk bisa menjalin hubungan yang diharapkan ke depannya bisa terus langgeng. Dalam fase ini, kita perlu lebih memantapkan diri bahwa dialah orang terbaik yang akan menjadi pendamping hidup kita.

Hanya saja kita juga perlu mewaspadai sejumlah hal yang menjadi pertanda hubungan yang ada bakal sulit dipertahankan. Bahkan bisa rentan putus. Berikut ini lima hal yang umumnya membuat hubungan susah langgeng.

 

 

1. Tak Ada Keakraban

Perlu memiliki kedekatan seperti sahabat dalam sebuah hubungan untuk menjaga keutuhan dan kenyamanan dalam hubungan. Saat pasangan berhenti "menjadi" teman, seperti yang dikutip dari Prevention, maka itu pertanda hubungan akan berhenti untuk tumbuh. Ketika kamu dan pasangan tidak bisa merasakan keakraban, maka perlu upaya lebih keras untuk menjaga keutuhan hubungan.

 

 

2. Tak Ada Sikap Saling Menghargai

Tanpa adanya rasa saling menghargai satu sama lain, hubungan bisa berakhir dalam kurun satu tahun. Sebab, seperti yang dikutip dari laman MSN, perekat dalam sebuah hubungan adalah respek, baik respek terhadap diri sendiri maupun terhadap pasangan. Kalau sudah tidak ada sikap saling respek atau saling menghargai, hubungan bisa terus menerus diwarnai konflik.

 

 

3. Tak Ada Rasa Saling Percaya

Sikap posesif umumnya dipicu karena ketiadaan rasa saling percaya. Perselingkuhan juga bisa terjadi saat tak ada rasa saling percaya. Saat rasa saling percaya hilang, maka masalah dalam sebuah hubungan akan makin sulit diatasi dengan baik. Kalau kamu dan pasangan bawaannya curiga terus, maka perlu usaha lebih keras untuk membangun komunikasi yang lebih kuat.

 

 

4. Tak Ada Empati

Jika pasangan malah saling tidak peduli dan tak lagi punya empati terhadap satu sama lain, maka hubungan bisa makin sulit dipertahankan. Ketika rasa empati atau kepedulian luntur, hubungan akan terasa timpang. Sedikit konflik bisa memicu perpisahan.

 

 

5. Tak Ada Rasa Aman

Apakah kamu merasa aman dalam hubunganmu? Atau malah terus dihantui rasa takut dan was-was? Mengutip laman Psychology Today, ada tiga kategori dasar muncul perasaan tidak bahagia dalam sebuah hubungan, yaitu perasaan tidak dicintai, tidak puas, tidak aman. Kalau hubungan tidak memberi rasa aman, maka rasa bahagia akan lenyap. Hubungan yang tidak bahagia akan makin berat untuk dipertahankan.

Kalau kamu merasakan tanda-tanda di atas dalam hubunganmu, ada baiknya untuk melakukan evaluasi ulang. Bagaimana pun, kamu juga berhak merasa aman, nyaman, dan bahagia dalam menjalin sebuah hubungan.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading