Sukses

Relationship

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Fimela.com, Jakarta Rasa cemburu memang hal yang lumrah dalam sebuah hubungan. Jika pasanganmu berinteraksi secara dekat dengan seseorang, merasa cemburu adalah hal yang wajar. Membuat pasangan merasa cemburu bisa menyenangkan, tetapi tidak jika hal itu menjadi begitu sering sehingga pasangan lain mulai merasa kesal karena kecemburuan yang luar biasa.

BACA JUGA: Tips Meredam Amarah dan Cemburu

Namun rasa cemburu yang berlebihan bisa kamu kendalikan dengan beberapa cara untuk menjaga hubungan tetap bahagia dan harmonis. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Latih Kepercayaan

Ini adalah aturan paling penting dari semua hubungan. Bahkan jika kamu takut akan hal yang tidak diketahui dan apa yang mungkin merusak hubunganmu, kalian masih harus memercayai ikatan di antara kalian berdua. Percaya adalah mencintai, kata pepatah ini cukup benar, karena sampai kamu mempercayai pasanganmu sepenuhnya, kamu tidak bisa mencintai mereka dan tidak bisa bahagia dalam hubungan, dengan perasaan bersalah kecemburuan yang menyumbat pikiranmu.

2. Jangan Bertindak Berdasarkan Kecemburuan

Bertindak atas kecemburuan bisa sangat merusak. Seringkali, ketika kamu sangat cemburu, kamu juga cenderung marah dan mengucapkan kata-kata menyakitkan yang tidak dapat ditarik kembali. Meskipun sulit untuk tidak bertindak ketika kamu cemburu, kamu tidak boleh membiarkan perasaan itu menguasaimu. Bersikaplah masuk akal dan berpikir dua kali sebelum mengucapkan kata-kata kasar yang dapat merusak hubunganmu secara permanen.

3. Percayalah pada Diri Sendiri

Sebelum kamu berbicara dengan pasangan, analisis secara kritis mengapa kamu merasa seperti ini akhir-akhir ini. Merasa cemburu mungkin berarti kamu memiliki masalah harga diri atau rasa tidak aman yang mendasarinya. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu tidak cukup baik untuk pasanganmu dan karenanya, mereka mungkin meninggalkanmu untuk seseorang yang lebih baik. Belajarlah untuk menghargai kualitas positifmu, dan ketahuilah bahwa pasanganmu pasti bersamamu untuk yang terbaik.

4. Lupakan Hubungan Masa Lalu

Hubungan masa lalu seseorang meninggalkan dampak abadi pada keadaan emosional seseorang. Selain itu, jika pasanganmu telah berselingkuh atau membuatmu terluka dari hubungan sebelumnya, kemungkinan besar mereka akan memiliki masalah kepercayaan yang besar dalam hubungan mereka saat ini. Pemicu dari masa lalu dapat menurunkan hubungan saat ini, dan kecemburuan dapat mencapai puncaknya.

5. Ungkapkan Kecemburuan dengan Cara yang Benar

Bersikaplah dewasa dalam mengungkapkan apa yang sebenarnya kamu rasakan. Jika pasanganmu telah melakukan sesuatu yang membuatmu merasa sangat cemburu, maka jangan terburu-buru, sebaliknya, perlahan-lahan cobalah untuk mengomunikasikan apa yang membuatmu merasa cemburu akhir-akhir ini. Kecemburuan juga bisa memunculkan perasaan frustrasi dan marah, jadi lebih baik lakukan pendekatan yang tenang atau beri tahu pasanganmu bahwa kamu cemburu, mungkin dengan nada humor.

Menjadi terlalu cemburu akan membunuh hubunganmu sendiri. Kamu perlu belajar mempercayai pasanganmu. Komunikasikan setiap hal yang mungkin membuatmu merasa tidak aman. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading