Sukses

Relationship

5 Masalah Keuangan yang Bisa Merusak Hubungan Rumah Tangga

Fimela.com, Jakarta Membangun hubungan dan berbagi kehidupan bukan hanya tentang sikap romantis. Ketika kamu berada dalam hubungan yang berkomitmen, kamu juga membentuk kemitraan finansial. Tentunya, cara masing-masing pasangan membelanjakan uang dapat memengaruhi setiap aspek kehidupan pasangan, dari apakah mereka mampu memiliki anak hingga rumah seperti apa yang dapat mereka beli dan seperti apa masa pensiun mereka nantinya. Uang juga menjadi salah satu masalah yang sering terjadi dalam hubungan rumah tangga.

Nah, berikut ini adalah beberapa masalah keuangan yang dapat menyebabkan pertengkaran. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Perselingkuhan Keuangan

Ketidakjujuran tentang masalah uang, adalah salah satu penghancur hubungan potensial terbesar dari semuanya, namun ini adalah masalah yang sangat umum. Perselingkuhan keuangan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari berbohong tentang pembelian atau menyembunyikannya hingga tidak jujur ​​tentang aset. Masalahnya adalah hal itu dapat menyebabkan masalah hubungan yang serius dalam bentuk apa pun. Jika pasanganmu mengetahui bahwa kamu berbohong tentang uang, kemungkinan besar dia tidak akan memercayaimu dalam hal aspek lain dari hubungan.

2. Menjadi Terlalu Mengontrol atau Menghakimi

Uang adalah masalah yang sangat sensitif bagi banyak orang, itulah sebabnya kontrol atau penilaian tidak membantu saat membuat keputusan keuangan bersama. Sayangnya, sangat umum bagi salah satu atau kedua pasangan untuk mencoba memaksakan batasan pada kekasih mereka.

Tidak ada yang suka diberi tahu apa yang harus dilakukan atau merasa pasangannya tidak menghargai pilihannya. Jadi perasaan bahwa hubungan menghentikanmu dari membeli apa yang ksmu inginkan pasti mengarah pada masalah besar.

Cobalah untuk memutuskan sejumlah uang yang dapat dibelanjakan oleh setiap pasangan tanpa pertanyaan, dan jangan menilai barang yang ingin dibeli oleh pasanganmu. Penting bagi pasangan dan kamu dapat membuat anggaran yang lebih baik.

3. Tidak Membicarakan Keuangan Secara Teratur

Jika berbicara tentang uang mengarah pada pertengkaran, kamu mungkin tergoda untuk menghindari masalah tersebut sama sekali. Sayangnya, ini adalah kesalahan besar yang dijamin akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

Sebaliknya, kamu dan pasangan harus melakukan percakapan rutin tentang keuanganmu. Percakapan ini harus tentang menetapkan tujuan keuangan bersama, bekerja sama untuk membuat anggaran yang sesuai untukmu, dan menemukan cara agar kalian berdua bisa bahagia tentang bagaimana kalian membelanjakan dan menabung.

4. Menolak untuk Berkompromi

Ini sebenarnya bisa menjadi hal yang baik jika kamu dan pasangan bersedia untuk saling menghormati sikap yang berbeda terhadap uang dan menemukan kesamaan karena kalian dapat menyeimbangkan satu sama lain. Tapi itu tidak akan berhasil jika kalian berdua tidak mau berkompromi

Kedua pasangan perlu menyadari bahwa menjadi pasangan berarti tidak selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam hal uang. Alih-alih, teruslah mendiskusikan masalah keuangan besar sampai kalian menemukan kesepakatan yang cocok untuk kedua pasangan. Hubunganmu sepadan dengan usaha.

5. Gagal Menetapkan Tujuan Keuangan Bersama

Terakhir, penting bagi pasangan untuk menyepakati tujuan keuangan yang ingin dicapai. Menetapkan tujuan keuangan bersama dapat membantumu membuat keputusan tentang aspek lain dari kehidupan keuangan, seperti berapa banyak yang dapat kamu belanjakan untuk pembelian yang menyenangkan. Jika kalian berdua percaya pada apa yang ingin kamu capai, tak satu pun darimu harus merasa dibatasi oleh pengorbanan yang diperlukan untuk membuat tujuan tersebut menjadi kenyataan.

Well, untuk menghindari masalah keuangan muncul dalam hubungan, cobalah untuk membicarakan keuangan secara teratur bersama pasangan dan buatlah anggaran secara jelas. 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading