Sukses

Relationship

5 Tanda Dirimu Masih Bisa Bahagia setelah Sebuah Hubungan Berakhir

Fimela.com, Jakarta Berakhirnya sebuah hubungan memang tak selalu mudah untuk diterima. Apalagi bila hubungan yang dijalani sudah berlangsung lama atau cinta yang dibangun sudah dalam, maka sebuah akhir atau perpisahan bisa membuat segalanya jadi terasa kacau. Namun, hidup terus berjalan dan begitu pula dengan dirimu.

Kamu masih bisa punya kesempatan untuk memiliki hidup yang bahagi setelah berakhirnya sebuah hubungan. Lima hal ini bisa menjadi pertanda bahwa dirimu masih bisa meraih kebahagiaan yang baru dalam hidup.

 

 

1. Tidak Ada Niat untuk Menyakiti

"Yakini saat suatu hubungan berakhir dan usai, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti," sebuah kutipan dari buku Ada nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi ini bisa menjadi penguat diri. Kadang berakhirnya sebuah hubungan adalah untuk kebaikan bersama supaya tak lagi saling menyakiti. Selama di hati kita sama sekali tak ada niat untuk menyakiti, maka kita bisa lebih mudah meraih kebahagiaan yang kita harapkan.

 

2. Sudah Memaafkan Segalanya

Kamu sudah memaafkan dirimu. Juga sudah memaafkan dia dan segala yang terjadi. Saat hati sudah memaafkan semuanya, maka kebahagiaan bisa dengan lebih mudah kamu dapatkan. Walau pahit harus menerima kenyataan berakhirnya sebuah hubungan, tapi kekuatan maaf bisa meringankan langkah untuk membuka lembaran hidup baru yang lebih baik. Berdamai dengan sebuah akhir atau perpisahan akan memudahkanmu untuk mendapatkan awal yang lebih indah.

3. Masih Bisa Menikmati Hal-Hal yang Disukai

Masih beraktivitas atau menjalani rutinitas bisa jadi pertanda baik dirimu bisa bertahan jalani hidup. Mengutip buku Meditations, "Seninya hidup lebih menyerupai seninya bergulat ketimbang seninya menari, karena kita harus tetap tegak berdiri untuk menghadapi apa pun yang terjadi dan tidak terlempar karena sesuatu yang bersifat tiba-tiba dan tak diperkirakan." Hubungan yang berakhir memang tak mudah untuk langsung diterima, tetapi selama kita bisa mengambil hikmah dari kejadian yang ada maka kita bisa terus melangkah ke depan.

 

4. Masih Menyayangi Diri dan Kehidupan

Selama kamu masih menyayangi diri dan kehidupanmu, maka kebahagiaan akan siap menyambutmu kapan saja. Bersedih setelah sebuah hubungan berakhir adalah hal wajar. Namun, tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan sebab dirimu berharga dan kehidupanmu masih tetap layak diperjuangkan. Saat kesedihan mereda dan digantikan dengan perasaan makin menyayangi diri sendiri, harapan hidup yang lebih baik bisa kamu terima.

5. Masih Dapat Tersenyum dengan Hati Tulus

Sebuah senyuman bisa menjadi pertanda baik. Saat kamu masih bisa tersenyum dan menghadirkannya dengan hati yang tulus, maka kebahagiaan bisa kamu dapatkan. Tak harus menunggu orang lain untuk membahagiakanmu karena dengan cara-cara sederhana, kamu masih bisa mengupayakan kebahagiaan baru dalam hidup.

Kalau perasaan sakit hati dan patah hati sulit untuk dipulihkan dan kamu mulai merasakan gejala depresi, ada baiknya segera mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater ya. Semoga hidupmu ke depannya bisa lebih baik lagi dengan hubungan yang lebih kuat lagi.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading