Sukses

Relationship

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah, Perempuan Harus Tahu

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang harus dipersiapkan dan dilalui sebelum memutuskan untuk menikah. Apalagi, menikah adalah hal yang sakral dan tidak mudah. Keputusan harus dipikir baik-baik agar tidak terjebak dalam masalah ke belakangnya.

Berbagai hal yang harus dilewati untuk menambah kedewasaan hingga akhirnya siap untuk menikah, apalagi bagi para perempuan. Dikutip dari purewow, berikut hal yang harus dilakukan sebelum menikah.

1. Mencoba hidup sendiri

Bagi yang pernah merantau atau ngekos saat kerja atau masa pendidikan. Pasti pernah merasakan hidup sendiri. Nah, hal tersebut sangat baik untuk membantumu menjadi lebih mandiri lagi. Pasalnya saat menikah tentunya sudah harus memiliki sifat mandiri dan beberapa hal harus dilakukan seorang diri.

2. Memiliki tabungan darurat

Sebenarnya ini bukan hal yang memaksa, tapi jika memungkinkan sebaiknya memiliki tabungan darurat sendiri agar tidak bergantung sepenuhnya pada pasangan. Memang benar saat menikah semua kebutuhan adalah tanggungjawab pihak laki-laki tapi sebaiknya memiliki tabungan sendiri ya.

3. Belajar memasak

Belajarlah memasak dengan resep-resep sederhana terlebih dahulu. Tidak semua dalam rumah tangga menuntut perempuan harus bisa memasak, tapi dengan belajar dan bisa berarti kamu memudahkan hidup kamu sedikit lebih banyak. Contohnya, ketika kamu, pasangan, atau anak lapar di tengah malam maka bisa membuatkannya makanan walau sederhana.

4. Lakukan traveling sendiri

Sebelum menikah kamu bisa melakukan traveling atau liburan sendirian agar lebih mengenal karakter diri sendiri. Hal tersebut juga bisa membantu kamu lebih fokus pada keluarga setelah pernikahan. Namun, bukan berarti tidak boleh melakukan traveling saat menikah ya.

5. Membangun hobi

Hobi bukan hanya membuat kamu lebih menarik melainkan sebagai ruang untuk diri sendiri. Sebaiknya sebelum menikah, kamu mulai membangun hobi yang paling disukai. Seperti, berlari, menulis, hingga yoga. Kegiatan tersebut juga berguna untuk meredakan ketegangan dan stres dalam hidup. Tentunya agar kamu dan pasangan menjadi lebih baik dalam menjalani kehidupan.

6. Batasi berbagi setiap detail dengan orang lain

Saat berpacaran mungkin kamu akan berbagi apa yang kamu alami dengan pasangan pada teman. Namun saat menikah, kamu harus membatasi berbagi setiap detail dengan orang lain, meskipun pada seorang teman. Pernikahan adalah hal yang suci, di mana hubungan yang ada harus dijaga sebaik mungkin.

7. Kenali pasangan saat bertengkar

Para ahli sepakat bahwa saat memasuki pernikahan dengan mengetahui pasangan sepenuhnya saat menangani konflik adalah kunci pernikahan yang sukses. Setiap pasangan, bahkan yang paling cocok, kadang-kadang memiliki perbedaan pendapat, dan kesalah pemahaman. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Walfish. Karenanya, alangkah lebih baik sebelum menikah kenali pasangan saat bertengkar dan bagaimana ia mengatasinya. 

Nah, itu dia beberapa hal yang harus dilakukan sebelum masuk pada jenjang pernikahan. Semoga bermafaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading