Sukses

Relationship

Mengenal 8 Jenis Cinta, Makna dan Perbedaannya dalam Kehidupan

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak yang tahu bahwa rasa cinta ternyata bisa dibedakan jadi beberapa jenis. Sebagai manusia yang memiliki perasaan, tentu kita tahu bahwa perasaan kita begitu komplek, begitu juga dengan rasa cinta. Ini sekian jenis cinta dan artinya dalam kehidupan.

1. Eros (Cinta Romantis)

Eros adalah cinta yang selama ini kita kenal ketika jatuh hati pada seseorang secara romantis. Ada perasaan yang membuatmu ingin menjadi pasangannya, menjalani hubungan asmara secara hati mauapun secara fisik atau seksual. Istilah cinta Eros ini diambil dari nama Eros, yaitu dewa cinta dan kesuburan Yunani.

2. Storge (Cinta kepada keluarga)

Storge adalah jenis cinta yang mengalir secara alami antara orang tua dan anak-anak serta keluarga besar. Rasa cinta ini terasa lebih kental hingga disebut rasa sayang, yaitu hubungan yang berkembang karena adanya kebersamaan, kepercayaan, ikatan dan rasa hormat, sebuah hubungan jauh lebih kuat. Itulah mengapa ada istilah 'darah lebih kental daripada air', yang berarti hubunganmu dengan keluarga lebih kuat dibanding orang lain karena sudah tumbuhnya cinta storge di dalam hati.

3. Agape (Cinta kepada Tuhan)

Agape adalah istilah untuk rasa cinta tanpa syarat yang ditujukan untuk Sang Pencipta semesta, kebaikan yang statusnya lebih tinggi di langit. Cinta ini dianggap cinta secara universal dan tanpa pamrih terhadap sebuah keyakinan, kepercayaan atau agama. Agape juga merupakan cinta yang berasal dari keinginan untuk berbuat baik kepada orang lain. Dorongan ingin berbuat amal, membantu yang membutuhkan sehingga memiliki kebahagiaan tersendiri di dalam diri juga bisa dipicu oleh cinta agape.

4. Ludus (Cinta monyet)

Ludus adalah cinta sesaat, seperti naksir atau cinta main-main yang umumnya dialami pasangan muda. Cinta monyet ini merupakan ketertarikan instan yang menimbulkan gairah kuat terhadap seseorang, hingga sering menimbulkan cinta yang bias atau cinta buta karena kamu jadi cinta monyet adalah ketertarikan instan yang seperti perasaan gairah yang kuat terhadap seseorang bahkan jadi cinta buta karena mengabaikan kekurangan orang lain. Tapi jenis cinta ludus seringkali tidak bertahan terlalu lama.

5. Mania (Cinta obsesif)

Mania adalah cinta obsesif, digambarkan sebagai ketergantungan untuk selalu bersama. Ketika jenis cinta ini muncul, saat itulah ketidakseimbangan cinta dalam hubungan muncul. Cinta mania sering ditandai dengan kecemburuan berlebihan, posesif, dan hubungan beracun untuk pihak yang diberi cinta obsesif. Ini membuatmu terlalu protektif dengan orang-orang yang kamu cintai. Cinta obsesif bahkan dapat menyebabkan kecenderungan narsistik dan kebiasaan mengendalikan.

6. Philautia (Cinta pada diri sendiri)

Philautia adalah jenis cinta yang harus dipraktikkan setiap orang. Inilah jenis cinta yang sering kita sebut dengan self-love. Tuntutan masyarakat atau gambaran yang dibentuk di lingkungan sekitar seringkali membuat kita lupa pentingnya cinta Philautia. Beberapa orang dilahirkan menyadari pentingnya Philautia, beberapa lainnya perlu berlatih sendiri. Philautia menjadi sangat penting dimiliki setiap orang karena mencintai diri sendiri adalah langkah pertama untuk menemukan cinta sejati.

7. Pragma

Pragma adalah jenis cinta yang tumbuh dari pasangan yang telah bersama selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun. Cinta itu matang seiring berlalunya waktu, cinta yang telah dipertahankan melalui upaya dan pertimbangan yang sama dari kedua pasangan, cinta yang bertahan selamanya. Cinta inilah yang kamu lihat dari orangtua atau kakek nenekmu. Dari semua jenis hubungan cinta, pragma adalah yang termanis karena bertahan selamanya, jenis cinta yang ingin capai semua orang.

8. Philia (Cinta kepada teman)

Philia bersifat platonik atau cinta kasih sayang terhadap teman-teman. Rasa cinta inilah yang menumbuhkan persahabatan di antara dirimu dengan beberapa orang tertentu. Persahabatan sendiri telah terbukti dapat bertahan lama hingga selamanya pada kehidupan manusia. Cinta ini juga dianggap sebagai bentuk cinta paling murni karena tidak melibatkan keintiman fisik atau seksual. Ada batasan yang sehat dan tidak ada rasa iri dalam hubungan ini.

Itu dia sekian jenis cinta dan maknanya di dalam kehidupan. Kira-kira kamu sudah memiliki jenis cinta yang mana saja Sahabat Fimela?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading