Sukses

Relationship

8 Manfaat Tak Terduga Jatuh Cinta untuk Kesehatan Fisik dan Psikis

Fimela.com, Jakarta Jatuh cinta adalah momen yang bisa dibilang unik. Tak heran jika jatuh cinta berjuta rasanya. Ketika jatuh cinta, perasaan tidak hanya semakin bahagia tetapi juga sedih, ragu dan minder di waktu yang sama. Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai cinta yang ia rasa. Apakah cinta itu nyata atau hanya sebatas khalayan saja. 

Mengutip dari laman healthline.com, jatuh cinta rasanya sulit untuk diungkapkan lewat kata-kata. Perasaan jatuh cinta juga sangat sulit untuk digambarkan. Di satu sisi kita begitu bahagia, di sisi lain hati kita justru berdebar tak karuan. 

Mengenai jatuh cinta, para ahli mengungkapkan jika perasaan ini memiliki segudang manfaat buat kesehatan fisik maupun psikis. Berikut beberapa manfaat dari jatuh cinta.

Bahagia

Jatuh cinta membuat seseorang merasa sangat bahagia. Ini juga akan membuat seseorang lebih semangat dan termotivasi untuk melanjutkan hidup yang lebih baik ke depannya. Dengan perasaan bahagia, seseorang akan lebih bijaksana. Ia juga akan lebih peduli ke orang-orang di sekitarnya.

Menurunkan Risiko Stres

Jatuh cinta bermanfaat menurunkan risiko stres. Seseorang yang sedang jatuh cinta akan memiliki perasaan lebih bahagia. Rasa bahagia inilah yang memudarkan stres bahkan kecemasan hingga depresi karena suatu masalah. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Penelitian menemukan jika orang-orang yang bahagia dengan kisah asmaranya memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Jatuh cinta bisa mendorong seseorang untuk lebih kuat dan semangat menghadapi segala ujian hidup bahkan sakit fisik tertentu.

Mencegah Penyakit Jantung

Jatuh cinta bisa bermanfaat mencegah risiko penyakit jantung. Ini karena jatuh cinta bisa membantu jantung bekerja dengan lebih baik. Jatuh cinta bisa membantu menurunkan tekanan darah dan frekuensi denyut nadi. 

Mengurangi Nyeri

Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika orang yang bahagia dengan kisah cintanya, berada di samping pasangan tercinta dan berpegangan tangan dengan pasangan akan merasakan nyeri yang lebih ringan saat sakit dibanding orang tanpa cinta di hidupnya. Selain mengurangi rasa nyeri, jatuh cinta juga bisa meringankan beban dalam pikiran. 

Berat Badan Lebih Terjaga

Seseorang yang sedang jatuh cinta akan lebih memperhatikan pola makan dan hidup. Ini karena orang yang sedang jatuh cinta umumnya ingin terlihat menarik, memiliki berat badan ideal dan memesona di hadapan pasangannya. Seseorang yang sedang jatuh cinta juga memungkinkan untuk memiliki pola hidup sehat dan memiliki berat badan lebih terjaga karena pasangan mendukungnya untuk hidup lebih sehat.

Panjang Umur

Jatuh cinta juga akan membuat seseorang lebih panjang umur. Kebahagiaan bisa memperpanjang usia. Ini juga karena orang yang bahagia juga lebih rendah terserang berbagai penyakit.

Kulit Lebih Terjaga

Jatuh cinta memungkinkan seseorang untuk lebih sering tersenyum karena bahagia. Perasaan bahagia akan membuat kulit lebih terjaga dan membuat seseorang tampak lebih muda. Seseorang yang jatuh cinta juga sangat mungkin lebih ekstra dalam merawat diri serta kecantikannya untuk pasangan. 

Itulah beberapa manfaat dari jatuh cinta untuk fisik pun psikis. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan pernah takut untuk jatuh cinta hanya karena takut hatimu patah nantinya. Ketika kamu berani buat jatuh cinta dan bahagia karenanya, kamu juga harus berani menghadapi konsekuensi jika suatu saat nanti hatimu patah oleh cinta. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading