Sukses

Relationship

6 Cara Meminta Maaf Kepada Pacar yang Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang menjalin hubungan dengan seseorang, tentu terkadang kita akan menyakiti perasaan mereka sesekali. Meminta maaf dengan tulus atau memberikan sesuatu yang ia suka terkadang akan memperlancar dan membantu hubungan dengan baik kesebelumnya.

Akan tetapi terkadang hanya dengan mengatakan “maaf” saja tidak cukup. Ketika hal itu terjadi maka kita perlu mencari tahu apa yang membuat permintaan maaf benar-benar bermakna. Laki-laki dan perempuan tentu memiliki cara untuk meminta maaf maupun memaafkan dengan karakter yang berbeda.

Terkadang bagi perempuan meminta maaf dapat menjaga sebuah hubungan yang sehat dan tidak ada kehilangan. Akan tetapi, bagi seorang laki-laki yang meminya maaf ia merasa kehilangan. Maka dari itu, terkadang diperlukan untuk meredakan ego masing-masing. Ini dia cara meminta maaf kepada pacar yang paling ampuh:

1. Beri Ia Ruang Jika Membutuhkannya

Membiarkan pasangan tenang terkadang akan membuatnya menjadi lebih terbuka saat berbicara denganmu. Jika kamu menyakiti perasaannya dan dia ingin diberi ruang untuk diri sendiri, maka beri dia waktu. Hal ini terkadang akan membuat pasangan saling meredekan ego masing-masing.

2. Jelaskan Mengapa Kamu Meminta Maaf

Bukan hanya memberikan alasan, akan tetapi memberikan secara detail dan menunjukkan kepada pacar bahwa kamu tahu mengapa ia merasa sangat kesal. Saat kamu ingin meminta maaf, pastikan apa yang tengah kamu perbuat sehingga membuat ia kesal. Maka dengan hal ini menandakan bahwa kamu bersungguh-sungguh ingin meminta maaf.

3. Mengakui Tindakan yang Salah atau Telah Diperbuat

Ketika kamu ingin memulai minta maaf maka ada baiknya mengatakan “Aku salah dan minta maaf”, hangan mengatakan sesuai yang justru membuat pasangan tambah kesal seperti “Aku salah karena menurutmu saya salah”. Kemudian setelah mengatakan hal tersebut, ada baiknya untuk mengatakan apa hal yang tengah diperbuat sehingga membuat pasangan marah.

4. Mengakui Bahwa Kamu Menyakiti Perasaannya

Memahami bahwa tindakan salah yang tengah kamu perbuat menyakiti perasaannya dan membuat kamu merasa bersalah. Kali ini sebagai pasangan tak hanya mengaku tindakan yang telah diperbuat sehingga menyakiti pasangan, akan tetapi juga perlu mengakui bahwa kamu benar-benar menyakiti perasaannya.

5. Bertanggung Jawab Atas Tindakan

Mengakui dan bertanggung jawab dengan apa yang tengah kamu perbuat dengan pasangan ternyata menandakan adanya ketulusan. Ketika mencoba meminta maaf kepada pasangan, jangan hanya untuk mencari alasan atau mungkin menyalahkan orang lain. Akan tetapi, dengan adanya pertanggung jawaban maka permintaan maaf akan terasa sangat tulus.

6. Mendengarkan Sudut Pandang Pasangan

Jangan hanya membicarakan apa yang tengah diperbuat, akan tetapi biarkan pasangan berbicara juga sehingga ia akan merasa didengar. Setelah kamu menciba untuk minta maaf, beri pasangan waktu untuk menjelaskan sudut pandangnya dan cobalah untuk tidak menyela. Saat kamu mendengarkannya, lakukan kontak mata dan mengangguk, serta tunjukkan bahwa kamu benar-benar memperhatikannya.

Terkadang tidak hanya permintaan maaf saja yang dibutuhkan saat melakukan kesalahan. Akan tetatpi, sebuah tanggung jawab sangat perlu dilakukan dan dibutuhkan kontak mata atau bahasa tubuh lainnya agar pasangan benar-benar mengatahui bahwa kamu tulus untuk meminta maaf.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading