Sukses

Relationship

5 Hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adalah proses sakral yang menyatukan dua insan untuk membangun sebuah keluarga bersama. Setiap orang pasti mengharapkan kehidupan pernikahan yang bahagia bersama pasangan hingga akhir hayat. Tak hanya cinta, untuk mempertahankan kehidupan pernikahan yang baik perlu banyak pertimbangan dan persiapan.

Persiapan yang dilakukan sebelum menikah berpengaruh besar pada kehidupan setelah menikah bersama pasangan. Selain siap secara mental dan finansial, berikut hal penting yang harus dipertimbangkan bersama pasangan sebelum menikah dilansir dari Marriage.

1. Komitmen

Cinta mungkin akan cepat berlalu dan luntur seiring berjalannya waktu, namun tidak dengan komitmen. Komitmen untuk berada di sisi pasangan apapun situasinya akan memperkuat janji pernikahan. Bicarakan komitmen secara fisik, mental, dan spiritual pada pasangan. Karena hal inilah yang menjadi pondasi kuatnya hubungan pernikahan.

2. Kepercayaan

Salah satu pondasi untuk memperkuat hubungan pernikahan adalah kepercayaan. Hal ini menjadi ujung tombak umur panjang sebuah pernikahan. Jika pasangan dapat melakukan apa yang mereka katakan dan mengatakan apa yang mereka lakukan, maka pasangan dapat dipercaya.

3. Komunikasi Efektif

Kesenjangan dalam struktur komunikasi pernikahan seringkali dapat menyebabkan hubungan gagal. Maka dari itu, komunikasi efektif perlu dibangun bersama pasangan. Pernikahan dapat disebut sehat jika kamu dan pasangan secara terbuka mampu mengungkapkan perasaan terdalam untuk menghindari emosi terpendam. Tidak ada pasangan dalam hubungan pernikahan yang harus merasa malu untuk mengungkapkan perasaan.

4. Sabar dan Memaafkan

Pertengkaran dan ketidaksepakatan adalah hal biasa yang akan terjadi pada setiap pasangan. Kesabaran dan memaafkan adalah elemen penting untuk melewati masalah ini. Pertimbangkan apakah dirimu dan pasangan memiliki dua sifat ini untuk satu sama lain dan juga untuk diri sendiri. Karena kesabaran dan pengampunan dapat mempertahankan hubungan pernikahan yang langgeng.

5. Saling Menghargai dan Menghormati

Rasa hormat tidak hanya dilakukan kepada orang yang lebih tua, namun juga kepada pasangan. Sebelum memutuskan untuk menikah, tanyakan pada diri sendiri apakah dirimu dan pasangan saling menghargai dan menghormati? Rasa menghargai berpengaruh pada pengambilan keputusan kecil maupun besar yang bersangkutan dengan kehidupan pernikahan.

Menikah adalah komitmen seumur hidup yang tidak bisa dilakukan tanpa persiapan. Saling terbuka dengan pasangan dan bicarakan hal penting agar keputusan baik dapat diambil.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading