Sukses

Relationship

6 Jenis Pengkhianatan yang Jarang Disadari Justru Bikin Hubungan Mudah Berakhir

Fimela.com, Jakarta Beberapa jenis pengkhianatan sama menyakitkannya dengan ketika kamu putus cinta dengan seseorang yang kamu sayang. Setiap orang yang pernah mengalami pengkhianatan dalam hubungan dapat setuju bahwa pengkhianatan bukanlah hal terbaik bagi seseorang. Ketika harus memahami apa arti pengkhianatan sebenarnya, penting untuk diketahui bahwa pengkhianatan dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Umumnya, pengkhianatan dalam suatu hubungan terjadi ketika ada pelanggaran pasangan dan masalah kepercayaan, yang menghasilkan konflik moral/psikologis dalam hubungan romantis.

Lalu, tindakan seperti apa sih yang dapat dikategorikan sebagai pengkhianatan dalam hubungan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tindakan Perselingkuhan yang Tidak Berwujud

Ketika kita mendengar kata 'perselingkuhan,' pikiran kita memiliki cara untuk mengolah gagasan bahwa satu pasangan dalam hubungan harus berhubungan seks dengan orang lain untuk dianggap sebagai pasangan yang tidak setia.

Perselingkuhan sebagai pelanggaran eksklusivitas emosional dan/atau fisik pasangan, biasanya mengakibatkan perasaan marah, kecemburuan seksual, sakit hati, atau persaingan. Bentuk pengkhianatan non-seksual dalam hubungan bisa sama merusaknya dengan bentuk pengkhianatan seksual dalam hubungan. Berikut adalah beberapa hal yang merupakan bentuk pengkhianatan non-seksual dalam hubungan.

Perselingkuhan keuangan adalah bentuk perselingkuhan dalam hubungan yang melibatkan kewajiban keuangan. Meskipun bijaksana untuk memiliki dana mandiri, beberapa tindakan pengkhianatan finansial dapat menjadi gangguan besar bagi hubunganmu jika pasanganmu mengetahuinya.

Misalnya, terlilit hutang atau memiliki kebiasaan keuangan yang tidak sehat seperti kecanduan judi. Tindakan selingkuh emosional terjadi ketika kamu mulai mengembangkan keterikatan emosional yang mendalam dengan orang lain yang bukan pasanganmu.

2. Tidak Membela Pasangan, Terutama di Depan Umum

Pernahkah kamu berada dalam posisi di mana orang-orang mengolok-olokmu karena suatu alasan, dan alih-alih pasanganmu membela dirimu, mereka membuat gerakan canggung dan tertawa? Jika pernah, kamu akan mengakui bahwa ini menyakitkan. Bergantung pada orang dan skenario yang terlibat, itu bisa melukai hampir sama seperti tindakan meremehkan. Terus-menerus membiarkan mereka ikut meremehkan dan dan merendahkanmu di depan umum ini bukti nyata bahwa hubunganmu cukup negatif.

3. Memanfaatkan Masa Lalu Pasangan untuk Melawan Mereka

Jenis pengkhianatan ini lebih menyakitkan dari apa pun yang dapat kamu bayangkan. Ini menunjukkan bahwa kamu tidak layak dipercaya dengan masa lalu pasanganmu dan juga dapat menunjukkan bahwa kamu belum dewasa secara emosional.

Dari banyak alasan pasanganmu menceritakan kepadamu, salah satu yang paling mungkin adalah untuk memberikan dukungan melalui masa- masa kelam mereka. Mereka mungkin telah membuat kesalahan di masa lalu, kesalahan yang harus mereka tangani untuk waktu yang lama, bahkan jika itu hanya secara emosional/mental.

Sebagai tanda komitmenmu kepada mereka, bagian dari tugasmu adalah membantu mereka mengatasi kesalahan dan luka masa lalu mereka, bukan menggunakannya sebagai pukulan verbal saat kamu berdebat dengan mereka. Menggunakan masa lalu pasangan untuk melawan mereka adalah jenis pengkhianatan yang mendalam.

4. Menolak Hasrat Seksual Pasangan

Salah satu aspek penting dari sebagian besar hubungan intim adalah aspek seksual. Tindakan pengkhianatan dalam hubungan tidak hanya terjadi ketika satu orang berselingkuh. Penolakan secara sadar terhadap keintiman fisik dengan pasangan, terutama tanpa alasan yang jelas, dapat memengaruhi kesehatan emosional dan mental pasanganmu lebih dari yang dapat kamu bayangkan.

5. Bersikap Dingin

Tersedia untuk pasangan tidak hanya berarti kamu harus hadir secara fisik. Ini juga berarti bahwa kamu harus hadir bersama mereka, baik secara fisik maupun emosional. Keterpisahan emosional adalah bentuk lain dari pengkhianatan yang, meskipun tidak berwujud, sangat menyakitkan seperti perselingkuhan.

6. Tidak Hormat

Ketika kamu mulai bertindak dengan cara yang membuat pasanganmu merasa seolah-olah mereka berada di bawahmu atau bahwa kamu lebih penting daripada mereka, hubunganmu mulai menurun. Terkadang, tindakan tidak hormat ini bisa halus. Di lain waktu, mereka bisa diucapkan. Bagaimanapun, tidak menghormati pasangan adalah jenis pengkhianatan yang berbahaya.

Well, terkadang hal-hal sederhana ini kerap kita lakukan, dan ternyata bisa bikin hubungan akan lebih mudah berakhir. Nah, mulai sekarang belajarlah untuk memahami satu sama lain agar hubungan bertahan langgeng. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading