Sukses

Relationship

5 Cara Melepaskan Diri yang Terjebak dalam Toxic Relationship

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang baik akan membuatmu bahagia, berkembang, dan meningkatkan kualitas hidup. Namun berbanding terbalik dengan hubungan beracun atau toxic relationship. Saat terjebak dalam toxic relationship orang akan merasa stres, depresi, bahkan tidak memiliki kendali atas diri sendiri karena pasangan yang manipulatif. Bentuk hubungan tidak sehat dapat dilihat dari kekerasan fisik oleh pasangan, perselingkuhan berulang, dan sifat manipulatif.

Orang yang terjebak dalam hubungan tidak sehat biasanya akan sulit melepaskan diri. Bukan karena tidak mau, namun rasa takut, tekanan, dan khawatir yang menjadi alasan orang yang berada dalam hubungan tidak sehat terpaksa bertahan. Apalagi bila memiliki seorang anak, rasa khawatir akan dampak buruk yang diterima anak semakin mempersulit korban untuk melepas diri dari hubungan tidak sehat.

Jika kamu terjebak dalam toxic relationship, berikut cara untuk melepaskan diri melansir dari Verywell Mind.

1. Susun Rencana

Memilih berpisah dengan pasangan yang toxic, mungkin akan menimbulkan rasa takut. Untuk membuat diri merasa aman, rencanakan tindakan selanjutnya setelah berpisah. Misalnya tempat tinggal, barang yang perlu diamankan, dan bila memiliki anak pastikan kamu memiliki pendamping untuk membantu menjaga buah hati.

2. Hubungi Orang Lain

Melepas diri dari pasangan toxic tidak semudah membalikkan telapak tangan. Khawatir akan ancaman mungkin akan dirasakan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memberi tahu orang lain. Ceritakan pada orang terpercaya seperti keluarga atau teman atas apa yang kamu alami dalam hubungan. Bila merasa terancam, hubungi pihak berwajib untuk memberi perlindungan.

3. Bantuan Profesional

Setelah terjebak dalam hubungan tidak sehat mungkin akan timbul trauma dan masalah lainnya. Untuk mengatasi hal ini jangan ragu untuk konsultasikan pada profesional. Jangkau kelompok pendukung atau konselor yang berpengalaman dalam masalah hubungan. Menemui terapis mungkin dapat membantu mengendalikan trauma yang dialami.

4. Berhenti Menghubungi Pasangan

Pasangan yang toxic mungkin licik dan akan berusaha menghasutmu kembali menjalin hubungan. Pemerasan emosional ini hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Hentikan komunikasi dengan cara apapun dan tenangkan diri.

5. Tenangkan Diri

Setelah melalui banyak hal dalam hubungan yang mungkin menimbulkan trauma, dirimu perlu pemulihan. Ambil waktu untuk diri sendiri, lakukan hal yang disukai, dan temui orang-orang tersayang untuk mengembalikan semangat dalam diri.

Meninggalkan hubungan yang tidak sehat dan beracun adalah langkah yang sangat sulit dan perlu keberanian. Tetapi kamu bisa melakukannya. bagaimanapun juga kamu berhak menjalani hidup yang bahagia.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading