Sukses

Relationship

5 Cara Pulihkan Diri setelah Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Fimela.com, Jakarta Mencintai seseorang menghadirkan pengalaman yang sangat berkesan. Ada jantung yang berdebar lebih cepat dan hati yang berbunga-bunga. Apalagi jika perasaan cinta itu bersambut, ada kebahagiaan tiada tara yang akan kita rasakan.

Namun, apa jadinya kalau cinta kita ternyata bertepuk sebelah tangan? Orang yang kita cintai ternyata tak punya perasaan yang sama dengan kita, hal ini bisa membuat kita sangat terluka. Walau pengalamannya perih dan pahit, hidup masih akan terus berjalan dan kita perlu berusaha memulihkan diri agar bisa menyambut lembaran hidup yang baru.

 

 

1. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita tidak dicintai, itu bukanlah kesalahan kita. Sebagaimana kita bukanlah siswa yang buruk hanya karena tidak bisa menjawab soal ujian. Tak perlu menyalahkan diri sendiri karena telah mencintai seseorang. Anggap saja itu sebagai bagian dari pengalaman hidup yang berharga. Sebab mencintai seseorang menghadirkan warna baru dengan keindahannya sendiri dalam kehidupan.

 

 

2. Alihkan Cinta untuk Diri Sendiri

Cinta yang ada tak perlu disesali atau dibuang begitu saja. Coba untuk mengalihkannya kepada diri sendiri. Caranya dengan menyenangkan hati sendiri melalui hal-hal yang disukai. Limpahkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri agar suasana hati bisa lebih baik.

 

 

3. Perkaya Jiwa dengan Pengalaman Baru

Cinta bertepuk sebelah tangan memang menyakitkan, tapi diri kita masih punya lebih banyak kesempatan untuk menghadirkan kebahagiaan dan berbagai pengalaman baru. Hadirkan pengalaman-pengalaman baru dalam hidup. Tak perlu terus terpojok atau merasa tersiksa dengan cinta yang tak berbalas. Buka diri untuk mencoba berbagai pengalaman dan hal-hal baru dalam hidup karena hidup ini senantiasa layak dijalani dan diperjuangkan dengan baik.

 

 

4. Sampaikan Harapan Baik

Daripada berkubang dalam perasaan sedih berkepanjangan, coba hadirkan harapan-harapan baik. Sampaikan harapan baik pada seseorang yang tak bisa menerima cintamu. Sampaikan harapan baik juga untuk dirimu sendiri, bahwa dirimu layak untuk mendapatkan cinta yang lebih tepat di waktu yang indah. Pengalaman yang ada cukuplah jadi bagian dari proses pendewasaan diri untuk lebih bijak dalam menata hati.

 

 

5. Kembali Sibukkan Diri dengan Hal-Hal yang Bermakna

Jalani hari dengan kesibukan dan aktivitas yang bermakna. Tak perlu terus menerus meratapi keadaan dan diri sendiri. Cintamu yang bertepuk sebelah tangan memang bukan pengalaman menyenangkan. Namun, masih ada banyak peluang dan kesempatan dalam hidup yang bisa kamu maksimalkan untuk membuatmu lebih bahagia lagi.

Semoga hatimu segera pulih dan jiwamu bisa membaik, ya. Yakin saja setiap pengalaman dalam mencintai seseorang senantiasa memberi pelajaran yang berharga dalam hidup.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading