Sukses

Relationship

5 Cara agar Hatimu Tak Hancur saat Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Fimela.com, Jakarta Menghadapi cinta yang bertepuk sebelah tangan memang bisa sangat menyakitkan. Harapan yang pupus bisa membuat hidup rasanya tak indah lagi untuk dijalani. Bersedih pun merupakan hal yang wajar terjadi, tetapi jangan sampai hati kita hancur selamanya karena cinta yang sepihak tersebut.

Agar hatimu tak hancur karena cinta yang bertepuk sebelah tangan, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan. Yakinlah hatimu bisa lebih kuat daripada yang pernah kamu kira sebelumnya. Serta, yakinlah hidupmu masih akan dipenuhi warna baru selama kamu memilih untuk melangkah ke depan.

 

1. Beri Diri Waktu untuk Memproses Rasa Sedih

Rasa sedih yang hadir tak perlu dibenci. Cobalah untuk menerima dan memproses rasa sedih tersebut. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Ketidakbahagiaan, kesedihan, atau yang kita anggap sebagai perasaan negatif, sebenarnya bukan musuh. Kadang kala kesedihan, kecemasan, dan kekecewaan adalah bagian dari perasaan normal yang terjadi." Beri diri waktu untuk merasakan semua kesedihan yang ada, agar setelah itu hati bisa lebih ringan lagi ke depannya.

 

 

2. Apresiasi Keberanian Diri

Mencintai seseorang butuh keberanian. Keberanian untuk menerima semua pengalaman baru dan kejutan yang belum pernah kita temui sebelumnya. Apresiasi keberanianmu dalam mencintai seseorang. Tak usah menyesali kejadian atau keputusanmu dalam memilih seseorang untuk dicintai. Cukup apreasi perasaanmu sehingga kamu bisa kembali tersenyum menyambut hari baru.

 

 

3. Pulihkan Harga Diri

Agar hati tak hancur berkeping-keping, coba pulihkan lagi harga diri. Salah satu cara untuk memulihkan harga diri adalah dengan kembali mencintai diri sendiri. Limpahkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri agar kamu bisa menemukan kekuatan baru untuk melangkah menjalani hidupmu yang berharga ini.

 

 

4. Bersikap Lebih Tegas untuk Melangkah ke Depan

Perasaanmu mungkin masih belum bisa terlepas sepenuhnya dari seseorang yang tadinya begitu kamu suka. Tapi kamu bisa mengupayakan sikap dan pikiran untuk fokus melangkah ke depan. Sesekali melihat ke belakang atau mengingat kejadian yang sudah berlalu itu boleh, tapi jangan sampai kita malah menghambat kaki kita sendiri untuk mencapai hal-hal baru yang lebih baik dalam hidup.

 

 

5. Buat Perubahan yang Membuat Hatimu Senang

Sebuah perubahan bisa hadirkan titik awal baru kehidupan. Kamu bisa membuat perubahan dalam penampilan atau kebiasaan. Kalau sebelumnya mungkin kamu terlalu cuek dengan diri sendiri, kini saatnya untuk merawat diri sendiri dengan lebih baik lagi. Sebuah perubahan positif bisa hadirkan energi untuk lebih semangat menjalani hidup.

Semoga hatimu yang terluka bisa segera sembuh dan pulih, ya. Yakin saja ada cinta yang lebih tepat untukmu yang bakal hadir di waktu terindah.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading