Sukses

Relationship

5 Cara Komunikasi yang Sehat agar Hubungan Makin Langgeng

Fimela.com, Jakarta Salah satu kunci penting membangun huhungan yang harmonis dan langgeng adalah komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik ini berkaitan dengan cara berkomunikasi yang sehat dengan pasangan. Untuk membangun komunikasi yang sehat ada sejumlah pendekatan sederhana yang bisa dicoba.

Berikut ini ada lima cara yang bisa dicoba dan diterapkan dalam hubungan agar komunikasi bisa makin sehat. Mulai dari meningkatkan kejujuran hingga seni mendengarkan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Bersikap Jujur Mengutarakan Keinginan

Pasangan kita bukan cenayang dan tak bisa kita tuntut untuk membaca pikiran kita. Kita pun tak bisa selalu menebak isi pikiran pasangan. Maka dari itu, perlu kejujuran dan keterbukaan dalam mengutarakan isi pikiran dan keinginan masing-masing. Saling jujur mengutarakan keinginan dan isi hati bisa membuat hubungan jadi lebih mudah untuk diselaraskan.

2. Hindari Sikap Saling Mendiamkan

Pertengkaran dan konflik memang akan hadir dalam hubungan. Semua itu bisa menghadirkan momen untuk saling mengenal dan bisa menjadi makin dewasa dalam menjalin hubungan. Hanya saja jangan sampai setiap kali bertengkar, ada sikap saling mendiamkan. Saling mendiamkan bisa terasa lebih menyakitkan daripada adu argumen sebab tidak ada ruang untuk saling bicara dan mendengar dengan baik.

3. Sediakan Kesempatan untuk Saling Mendengar

Agar komunikasi makin nyaman, maka perlu bisa saling berusaha untuk menjadi pendengar yang baik. Saling mendengar akan menghadirkan ruang untuk bisa saling memahami. Serta saat saling mendengar, ada kepedulian yang makin dikuatkan dan ini bisa menjaga hubungan bisa tetap harmonis.

4. Senantiasa Saling Menanyakan Kabar dan Perasaan

Walau kesibukan mungkin menguras sebagian waktu yang ada, tapi sebisa mungkin untuk bisa saling menanyakan kabar. Setidaknya saling menanyakan perasaan atau kondisi mood dalam keseharian. Dengan begitu, ada cinta yang bisa tetap terjaga dengan baik serta ada perasaan yang makin nyaman tiap kali menghabiskan waktu bersama.

5. Selesaikan Persoalan Satu Per Satu

Saat bertengkar karena suatu hal, tak perlu mengungkit hal-hal lain atau perkara yang sudah berlalu. Sebisa mungkin fokus pada satu persoalan untuk diselesaikan lebih dulu sebelum lanjut menyelesaikan atau menuntaskan persoalan lain. Dengan begini, komunikasi bisa terasa lebih efektif dan tidak ada perasaan yang terluka atau tersinggung.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk membangun komunikasi yang sehat dalam hubungan. Semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading