Sukses

Relationship

4 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Pernikahan Tak Bahagia

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pada dasarnya menginginkan pernikahan yang bahagia, penuh cinta dan kasih sayang di dalamnya. Sayangnya, menjalani pernikahan bukanlah hal yang mudah. Tak hanya perasaan suka saja yang mewarnai pernikahan. Tidak jarang, perasaan duka juga menyelimuti pernikahan yang berusaha dijaga.

Mengutip dari laman yourtango.com, tidak sedikit orang yang terjebak pada pernikahan tidak bahagia. Beberapa orang bahkan merasa bahwa pernikahan yang dijalani, terasa begitu berat hingga membuatnya tak kuat meneruskannya. Apakah kamu juga pernah merasakannya Sahabat Fimela? 

Marni Feuerman, PsyD, seorang terapis pernikahan dan penulis buku Ghosted and Breadcrumbed: Stop Falling for Unavailable Men and Get Smart About Healthy Relationship, di Boca Boston, AS, mengatakan, “Terkadang pernikahan melalui masa sulit, dan itu wajar, setiap pasangan mengalaminya.” Dan berikut adalah beberapa tanda bahwa seseroang sedang berada dalam hubungan pernikahan yang tak bahagia.

Tidak Ada Hubungan Seks

Tanda pertama ketika seseorang berada dalam pernikahan tak bahagia adalah tidak ada hubungan seks di dalamnya. Normalnya, pasangan suami istri akan berhubungan intim meski hanya 1 atau 2 kali dalam seminggu. Namun, jika tidak ada hubungan seks, atau hubungan seks tidak terasa menyenangkan, ini menandakan bahwa seseorang dalam pernikahan tak bahagia. 

Feuerman mengungkapkan jika ketika hasrat terhadap satu sama lain memudar, ini bisa memicu hubungan terasa jauh. Ini juga memicu terjadinya pernikahan yang kurang bahagia.

Terbayang Akan Perceraian

Jika kamu sering membayangkan akan perceraian, hidup sendiri atau terbayang bagaimana jika nantinya single, bisa jadi kamu sedang berada dalam pernikahan tak bahagia. Ketika kamu menganggap hidup sendiri tanpa pasangan justru terasa lebih nyaman, kemungkinan besar kamu tak bahagia dengan pernikahan yang dijalani.

Tidak Ada Perhatian untuk Satu Sama Lain

Kamu yang berada dalam pernikahan tidak bahagia, ditandai dengan tidak adanya perhatian untuk satu sama lain. Kamu seolah hidup sendiri dan tidak memiliki pasangan di hidupmu. Kamu juga tidak bisa menjalin hubungan dekat dengan pasangan baik dekat secara fisik pun psikis. Kalian saling memegang kendali atas pernikahan yang ada.

Hilangnya Kesenangan dan Kenyamanan

Tanda selanjutnya saat kamu tidak bahagia dalam pernikahanmu adalah kamu kehilangan rasa senang dalam hidup. Kamu juga kehilangan rasa nyaman dan bahagia meski ada pasangan di sampingmu. Sebaliknya, kamu justru sering merasa sedih, takut dan rentan mengalami berbagai masalah setelah menikah. 

Itulah sekian tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang berada dalam pernikahan tak bahagia. Dari beberapa tanda di atas, apakah kamu merasakannya? Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita senantiasa diberi pernikahan bahagia serta penuh cinta.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading