Sukses

Relationship

5 Cara Membuka Lembaran Hidup Baru setelah Patah Hati

Fimela.com, Jakarta Setelah patah hati, biasanya semangat hidup meredup. Berpisah dengan seseorang yang dicintai bisa sangat menyakitkan. Menghadapi berakhirnya sebuah hubungan atau cinta yang bertepuk tangan juga bisa membuat kita kehilangan motivasi hidup.

Meski pengalaman patah hati menyakitkan, kita tetap perlu melanjutkan hidup. Saatnya meredakan kesedihan yang ada. Lalu, buka lembaran hidup dengan semangat dan harapan yang lebih baik.

1. Memperkuat Tekad dari Dalam Diri

Kuatkan tekad dalam diri untuk membuka lembaran hidup yang baru. Walau terasa berat, tetapi upayakan untuk memiliki niat ini untuk melangkah ke depan. Psikolog dan penulis buku How to Fix a Broken Heart, Guy Winch memaparkan bahwa berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menangisi dan menyesali perpisahan yang terjadi sebenarnya tergantung sepenuhnya pada kita. Tak harus selalu menunggu waktu untuk sembuhkan luka kalau ternyata dirimu bisa lebih cepat memulihkan diri dengan lebih baik.

2. Fokus untuk Bahagia Saat Ini

Sekadar tersenyum untuk diri sendiri pun bisa jadi langkah awal untuk hadirkan kebahagiaan yang menenangkan. Pengalaman patah hati yang ada anggaplah sudah menjadi bagian dari masa lalu. Sehingga, kini fokusmu adalah menjalani masa kini dengan lebih baik. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu kembali tersenyum hari ini.

3. Berhenti Berandai-andai

Untuk bisa tegar dan bangkit lagi, kita perlu menyudahi sikap berandai-andai. Yang berlalu sudah terjadi, dan tak bisa diperbaiki atau diulang kembali. Pengalaman patah hati meninggalkan luka yang pedih dan menyakitkan, tapi itu tak perlu membuatmu tenggelam dalam rasa menyesal atau menyalahkan diri sendiri. Sudahi sikap ingin mengubah hal yang sudah tak bisa diubah lagi. Sebab kini fokusmu adalah melangkah ke depan.

 

 

4. Hadirkan Perubahan Baru

Untuk membuka lembaran hidup yang baru bisa coba hadirkan perubahan baru. Perubahan ini bisa dalam bentuk atau hal yang bermacam-macam. Mengubah penampilan atau mengubah kebiasaan harian bisa dilakukan. Sebuah perubahan baru bisa menjadi semacam garis awal baru untuk membantumu mengambil jalan dan arah yang lebih baik.

5. Perkuat Harapan Baik

Pengalaman patah hati memang pahit. Namun, jangan sampai itu membuat semua hidup kita jadi terasa getir. Bersedih secukupnya saja untuk bantu ringankan rasa tak nyaman di dalam hati. Setelah itu, perkuat harapan dan doa baik. Yakini saja bahwa ke depannya kamu bisa menjadi perempuan yang lebih kuat dan tegar lagi.

Ada cinta yang lebih indah menyambutmu di waktu yang lebih tepat nantinya. Semoga kini kamu bisa membuka lembaran hidup yang lebih baik, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading