Sukses

Relationship

5 Tanda Seseorang sedang Berbohong Dilihat dari Wajahnya

Fimela.com, Jakarta Manusia cenderung berbohong untuk berbagai macam alasan. Meskipun kita semua tahu bahwa bohong itu tidak baik, tapi tetap saja sengaja atau tidak, kita sering melakukannya. Terkadang kita bisa melihat seseorang sedang berbohong dari ekspresi wajahnya, tapi banyak juga orang yang tidak peka dengan ekspresi orang yang berbohong. Jika ingin tahu seperti apa ekspresi seseorang yang sedang berbohong, coba cek sekian tanda ini.

1. Memalingkan muka

Coba perhatikan, jika seseorang menghindari kontak mata denganmu saat diajak bicara serius, bisa jadi dia sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu. Orang yang bicara jujur apa adanya akan bersikap santai saat menjawab pertanyaanmu atau menceritakan sesuatu. Jika ia tidak menatap matamu dalam waktu lama, apalagi memggetakkan mata sehingga terkesan tidak tenang, kemungkinan besar ia berbohong. Itu tanda ia sedang merenungkan apa yang harus dikatakan selanjutnya.

2. Dahi dan rahang yang kencang

Seseorang yang berbohong juga akan menunjukkan perubahan pada otot dahi dan rahang. Kamu bisa perhatikan bahwa rahang dan dahinya menjadi kencang karena berusaha menegaskan sesuatu. Itu pertanda bahwa dia sedang meyakinkan dirinya sendiri kalau kata-katanya benar meski ia tahu itu bohong. Pembohong cenderung bersikap tegang saat mereka tidak jujur, dan tampak berkonsentrasi lebih keras pada apa yang mereka katakan. Mereka ingin tampak meyakinkan sehingga kamu pun yakin padanya.

3. Sering berkedip

Mata yang sering berkedip juga menjadi pertanda seseorang sedang berbohong. Itu adalah reaksi alami dan tanpa disadari, ketika orang merasa santai, kedipan matanya tidak akan sesering itu. Neuropsikolog menjelaskan bahwa ini mungkin sering berkedip agar tampak lebih nyaman dengan percakapan. Berkedip biasanya tidak disengaja dan tidak disadari. Jika ia menjadi lebih sering berkedip, itu karena ia dalam situasi sedang berusaha menenangkan dirinya sendiri.

4. Tidak berkedip sama sekali

Berkedip berlebihan ternyata sama buruknya dengan tidak berkedip sama sekali. Kita juga bisa melihat bahwa seseorang sedang berbohong ketika ia tidak berkedip sama sekali saat menceritakan sesuatu. Orang cenderung merasa tegang dan lebih serius dari biasanya ketika berbohong. Ketika orang menjadi lebih serius dari biasanya, secara alami otak akan mengurangi aktivitas tubuh yang mengganggu konsentrasi, salah satunya adalah dengan berkedip. Jadi patut dicurigai jika seseorang tidak berkedip sama sekali saat menceritakan atau menjawab sesuatu, itu bisa jadi tanda ia berbohong.

5. Perubahan cepat ekspresi wajah

Seseorang yang sedang berbohong juga akan tampak jelas dari ekspresi wajahnya yang mudah berubah. Waspadalah jika ekspresi wajah seseorang berubah total selama percakapan, terutama jika wajahnya berubah dari netral ke negatif. Carilah tanda-tanda kemarahan, ketakutan, kesedihan, atau rasa jijik karena ekspresi wajah seseorang berubah tergantung pada apa yang mereka pikirkan. Jika apa yang dia katakan bertolak belakang dengan ekspresi wajahnya, kemungkinan ia berbohong.

Jika kamu sering melihat orang melakukan semua hal di atas, kemungkinan besar dia sedang berbohong padamu Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading