Sukses

Relationship

Tak Banyak Disadari, Ini 5 Perbedaan antara Cinta dan Nafsu

Fimela.com, Jakarta Bagaimana cara membedakan cinta dan nafsu? Kamu mungkin terlalu terbuai oleh hubunganmu sekarang karena kamu sebenarnya tidak dapat mengidentifikasi apa yang sebenarnya kamu rasakan untuk pasangan.

Jika alasan mengapa kamu ingin bersama orang itu adalah karena kamu tertarik dengan sifatnya yang sensual, mungkin bukan cinta yang membuatmu bersama. Mungkin, hanya sensasi memiliki seseorang yang bisa memuaskan kebutuhan dan fantasi.

Nah, berikut ini adalah perbedaan antara cinta dan nafsu yang harus kamu ketahui. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cinta Berpusat pada Orang dan Nafsu Berpusat pada Kesenangan

Dengan cinta, kebahagiaan datang dari memberikan apa yang kamu miliki untuk kemajuan seseorang. Kamu bahagia ketika kamu melihat orang itu bahagia dan berbuat baik dalam hidup. Dengan nafsu, kamu hanya ingin bersama orang itu untuk pemuasan kebutuhanmu. Pemenuhan ini datang dari melakukan aktivitas sensual untuk memuaskan hasrat seksual.

2. Nafsu Hanya Menelusuri Permukaan, Sementara Cinta Semakin Dalam

Nafsu merupakan keadaan pikiran yang berfokus pada bagian tubuh, rayuan, kekuatan, fantasi, dan kegembiraan.  Cinta itu berisiko dan menakutkan pada tingkat emosional. Menjadi sangat nyata dan rentan terhadap mereka, mempercayai dengan ketakutan dan harapan, berbagi cerita tentang rasa malu dan bangga, harapan dan kekecewaan, dan benar-benar membuat diri dikenal.

3. Cinta Tidak Memandang Fisik

Bahkan jika orang yang kamu cintai menjadi gemuk atau dia menjadi tua dan tidak secantik atau setampan saat pertama kali kamu bertemu, kamu tidak akan berpikir untuk pergi karena itu. Namun demikian, nafsu didasarkan pada ketertarikan fisik. Ketika orang lain tidak lagi menarik perhatian, kamu akhirnya memutuskan untuk pergi.

4. Cinta Bertahan Lebih Lama Sementara Nafsu Bertahan Sesaat

Cinta adalah komitmen jangka panjang untuk menghargai dan peduli satu sama lain yang dibangun lebih kuat dari waktu ke waktu. Kamu dan pasangan bekerja sama untuk menyelesaikan konflik yang dapat mengakhiri hubungan. Ini semua karena kamu tidak ingin kehilangan satu sama lain, tetapi sebaliknya, kamu ingin itu bertahan selamanya.

Di sisi lain, karena nafsu hanya terfokus pada pemuasan kebutuhan egois, membuat hubungan langgeng bukanlah prioritas. Bagimu, berpisah dengan orang itu tidak terlalu penting. Bagaimanapun, kamu hanya melihat hubunganmu sebagai sesuatu yang sementara.

5. Cinta Membutuhkan Komitmen Jangka Panjang

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, cinta adalah tentang membuat hubungan langgeng. Kamu bermimpi memiliki keluarga singkatnya, kamu membayangkan berbagi masa depan bersama. Ini melibatkan komitmen untuk tetap setia dan bertahan selama bertahun-tahun.

Namun, jika kamu tidak dapat membayangkan menikahi orang tersebut di masa depan, tetapi kamu menikmati melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama sekarang, maka itu adalah nafsu. Kamu tidak berkomitmen satu sama lain.

Well, jangan sampai salah mengartikan ya, Sahabat Fimela! Tetap perhatikan apa jenis hubungan yang sedang kamu jalani saat ini. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading