Sukses

Relationship

Tak Hanya Sebagai Tanda Sayang, Ini 5 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang kerap menahan perasaan mereka, baik saat sedih maupun saat sedang senang atau bahagia. Padahal menahan perasaan itu tidak baik. Perasaan harus diekspresikan, dan salah satu cara mengekspresikannya adalah dengan cara memeluk.

Pelukan sederhana dari seorang teman atau orang yang dicintai cukup kuat untuk meningkatkan suasana hati saat kamu merasa sedih. Memeluk orang yang kamu cintai di saat-saat bahagia juga bisa melipatgandakan kegembiraan dan menanamkan rasa percaya diri. Itu adalah tanda cinta dan kasih sayang terhadap seseorang.

Tak hanya untuk mengekspresikan perasaan, berpelukan juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Penasaran, apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bisa Meredakan Stres

Penelitian menyatakan bahwa dipeluk oleh orang yang dipercaya dapat menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan dukungan. Juga, meningkatkan frekuensi pelukan bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres.

2. Membakar Kalori

Cukup sulit dipercaya, tetapi memeluk orang yang kamu cintai juga dapat membantumu membakar sekitar 12 kalori. Artinya setiap kali kamu memeluk seseorang, kamu membakar kalori sebanyak pelukan yang kamu lakukan.

3. Meredakan Ketegangan Otot

Pelukan melepaskan ketegangan dalam tubuh dengan melawan rasa sakit serta meningkatkan sirkulasi darah. Bahkan meningkatkan aliran darah di jaringan lunak yang membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.

4. Memingkatkan Kesehatan dan Memori Otak

Hormon yang disebut oksitosin dilepaskan ke aliran darah saat kamu memeluk orang yang kamu cintai. Ini membantu dalam meningkatkan daya ingat. Tidak hanya itu, hal ini juga merangsang sistem saraf yang membantumu mencapai keseimbangan yang baik antara keaktifan dan ketenangan.

5. Menurunkan Tingkat Tekanan Darah

Setiap kali kamu memeluk seseorang yang dekat denganmu, kadar oksitosin meningkat. Hormon ini sangat penting untuk mengurangi kortisol dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat tekanan darah.

Well, berpelukan tidak hanya dilakukan pada pasangan, tetapi kamu bisa memeluk keluarga atau teman dekatmu. Pastikan kamu merasakan manfaatnya ya, Sahabat Fimela. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading