Sukses

Relationship

Jarang Disadari, Ini 7 Manfaat Berpelukan saat Tidur Bersama Pasangan

Fimela.com, Jakarta Selain menjaga pola makan yang sehat dan pemilihan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, dukungan pasangan juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Termasuk berpelukan saat tidur juga memiliki manfaat, tidak hanya untuk kesehatan fisik tapi juga mental.

Melansir dari voi.id (7/2), sejumlah penelitian juga membuktikan manfaat suami istri tidur berpelukan. Artinya, agar tetap sehat, Sahabat Fimela bisa menyimak manfaat berikut ini dan jangan pernah menolak jika pasangan terlalu romantis karena memberikan pelukan setiap malam. Penasaran, apa saja manfaat berpelukan bersama pasangan saat tidur bagi kesehatan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Hormon Cinta

Sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin sering kamu dan pasangan berpelukan, semakin tinggi kadar oksitosin yang dihasilkan tubuh. Oksitosin dikenal sebagai hormon cinta dan kebahagiaan. Efek yang paling menakjubkan bagi kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan detak jantung pada perempuan yang memasuki premenopause.

2. Menjaga Mood

Mood sering tidak menentu akhir-akhir ini? Cobalah memeluk pasangan untuk menyeimbangkannya. Pelukan juga mampu meningkatkan hormon serotonin yang berguna untuk menjaga mood agar lebih stabil.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berpelukan juga bisa menjadi terapi. Memberi dan menerima pelukan juga bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pelukan menyebabkan penurunan pelepasan kortisol, hormon stres, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa berpelukan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung saat sedang stres.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Ada sejumlah hormon yang menyebabkan kegelisahan dan insomnia. Seperti yang sudah disebutkan, saat hormon kortisol naik, tubuh menjadi tegang dan sulit tidur. Artinya, kamu membutuhkan oksitosin dan serotonin yang membuatmu merasa lebih baik sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak.

5. Kembangkan Ikatan Emosional

Ikatan emosional dapat dibangun melalui kebiasaan kecil. Selain memberikan perhatian dan memberikan ruang pada pasangan untuk mengembangkan diri, memberikan pelukan setiap malam juga bisa efektif untuk memperkuat ikatan.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan pelukan ada aksi-reaksi yang membuat seseorang merasa dicintai dan spesial. Sebenarnya, berpelukan bisa dengan keluarga dekat lainnya. Bisa dengan orangtua, anak, atau kerabat dekat. Ketika kamu merasa dicintai, rasa percaya diri akan tumbuh.

7. Membuat Otot Menjadi Lebih Rileks

Setelah seharian bekerja dan menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah, tentunya otot terasa kencang dan butuh relaksasi. Menurut seorang terapis. mengatakan bahwa empat pelukan sehari dapat membuat seseorang memiliki harapan hidup yang lebih panjang.

Nah, apakah Sahabat Fimela masih meragukan untuk memeluk pasangan saat tidur bersama? Selian memberikan kesehatan, berpelukan juga membuatmu lebih dekat dengan suami.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading