Sukses

Relationship

Hari Valentine, 5 Cara Ungkap dan Mengetahui Love Language yang Tersayang dengan Tepat

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 14 Februari seluruh dunia merayakan Hari Valentine. Tidak hanya memberi hadiah, ada beberapa love language atau bahasa cinta yang bisa kita berikan pada orang tersayang.

Menurut Psikolog Klinis, Irma Gustiana S.Psi., M.Psi., Psikolog., CPC love language menjadi salah satu keyword paling dicari di google apalagi saat pandemi . Ia juga menyampaikan, bahasa cinta ini ialah bagaimana kita mengekspresikan rasa sayang.

 “Ngga bisa keluar rumah, sulit bertemu orang yang membuat banyak orang menunjukan kasih sayang dengan mengirimkan hadiah. Ini jadi salah satu love language,” ujar Psikolog Irma dalam acara Tokopedia  pada (13/2), di Jakarta. 

Psikolog Irma juga mengungkapkan ada lima macam love language agar sahabat Fimela lebih mengerti dengan pasangan. 

1. Physical touch

Irma menyampaikan jika physical touch ialah orang-orang yang lebih senang adanya sentuhan fisik seperti berpelukan, berpegangan tangan, atau duduk berdekatan. Tak hanya itu, kata-kata pujian juga sangat disukai.

“Physical touch seperti berpelukan dapat memicu hormon bahagia seperti serotonin, oksitosin dan dopamin yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang,” katanya.

2. Acts of Service (pelayanan)

Seseorang yang lebih senang diajak makan, berpergian bersama, hingga olahraga bersama.  

3. World of affirmation (kata kata penegasaan)

Rasa kasih sayang bisa disampaikan dengan kata-kata sederhana, misalnya mengucapkan terima kasih atas usaha yang telah dilakukan orang terkasih maupun diri sendiri selama ini.

4. Quality time

Nikmati waktu berkualitas bersama orang terkasih, misalnya dengan nonton film sambil makan es krim. Setiap weekend harus menghabiskan waktu bersama. 

5. Receiving or giving gift (menerima atau memberi hadiah)

Memberi kado Valentine untuk orang tersayang maupun diri sendiri tidak harus mahal, melainkan lebih ke arah makna dari pemberian kado tersebut. 

“Berilah bingkai berisi bunga kering dengan ucapan yang dipersonalisasi agar lebih berkesan bagi orang dengan love language ini,” saran Irma.

Tokopedia mencatat fashion, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Elektronik dan Perawatan Tubuh menjadi beberapa kategori terlaris. “Penjualan bunga, cokelat, kertas kado, parfum serta parsel masing-masing naik 3 kali lipat saat valentine,”ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.  

 

 

Cara Mengetahui love language orang lain

Lalu bagaimana tahu bahasa cinta orang tersayang? Psikolog Irma ungkap jika kita memang memerlukan  kepekaan. Mulai dari mengamati dan kenali love language seseorang sebab akan terlihat ekspresi dari wajah seseorang tersebut, lalu observaesi. 

“Misalnya saja saat kita kasih hadiah gimana ekspresinya, senang atau biasa saja. Atau saat kita berikan quality time sambutannya seperti apa. Intinya jauhkan rasa egois utamakan komunikasi,” papar Irma. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading