Sukses

Relationship

5 Alasan Perlu Memiliki Penghasilan Sendiri sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Nasihat bijak yang sering kita dengar soal menikah adalah menikahlah di saat yang benar-benar tepat, bukan cuma asal cepat. Mengingat pernikahan akan menghadirkan fase perjalanan hidup yang baru dengan dinamika persoalan yang makin beragam, maka kita perlu memastikan diri kita sudah benar-benar siap sebelum memutuskan menikah. Kesiapan ini juga termasuk kesiapan finansial.

Sebagai perempuan, kita pun memiliki kebebasan dalam membuat pilihan hidup kita sendiri. Sebelum menikah, kita juga punya pilihan untuk bisa meningkatkan kemandirian kita lebih dulu. Salah satunya dengan memiliki penghasilan sendiri. Seberapa penting memiliki penghasilan sendiri sebelu menikah? Berikut beberapa penjelasan dan uraian alasannya.

 

 

1. Melatih Kemampuan Membuat Prioritas Hidup yang Lebih Baik

Dengan memiliki penghasilan sendiri, kita akan terlatih untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran. Hal ini pun terkait dengan kemampuan kita dalam membuat dan menata prioritas hidup kita. Saat menikah nanti kita pun akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan dan prioritas baru yang perlu diatur. Jadi, ketika kita sudah membekali diri dengan kemampuan mengelola prioritas yang baik sebelum menikah, nantinya ketika menikah kita tak lagi merasa kebingungan.

 

 

2. Memenuhi Kebutuhan Aktualisasi Diri

Memiliki penghasilan tak melulu soal untuk menjadi kaya atau banyak harta. Bisa juga terkait dengan aktualisasi diri. Kita bisa menjadi perempuan yang makin bahagia saat kebutuhan aktualisasi diri kita terpenuhi. Bisa bekerja atau mengoptimalkan kelebihan yang kita miliki (bonus punya penghasilan sendiri) menghadirkan kepuasan batin. Saat kepuasan batin ini bisa kita dapatkan sebelum menikah, nantinya ketika menikah kita tidak selalu menuntut validasi dari orang lain untuk merasakan kebahagiaan.

 

 

3. Meningkatkan Keberanian untuk Lebih Bertanggung Jawab atas Pilihan Hidup

Memiliki penghasilan sendiri bisa datangkan kebahagiaan sendiri. Hal ini pun bisa membuat kita lebih bertanggung jawab atas pilihan hidup yang kita ambil. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Setiap orang hanya perlu mengusahakan kebahagiaannya sendiri-sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing." Saat kita sudah bisa mengusahakan kebahagiaan sendiri dan lebih bertanggung jawab atas pilihan hidup kita sendiri, nantinya ketika menikah kita bisa lebih mudah mengupayakan kehidupan yang lebih baik.

 

 

4. Menjaga Harga Diri Lebih Baik Lagi

Agar tak mudah diremehkan orang lain, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menjadi perempuan yang berdaya. Berdaya dengan cara memiliki penghasilan sendiri juga bisa membantu kita menjaga harga diri kita. Saat kita bisa menjaga harga diri dengan baik, nantinya ketika menikah kita bisa lebih optimistis menjalani rumah tangga yang harmonis dengan sikap saling menghargai dengan pasangan juga.

 

 

5. Melatih Kemampuan Beradaptasi Hadapi Perubahan Hidup

Saat sudah menikah, ada perubahan dan keseharian hidup yang berbeda dari sebelumnya untuk dihadapi dan dijalani. Kalau kita tak punya pengalaman beradaptasi dengan perubahan hidup saat sebelum menikah, kita bisa gampang tertekan ketika sudah menikah. Memiliki penghasilan sendiri sebelum menikah akan melatih kemampuan kita beradaptasi, dan hal ini bisa menjadi bekal penting untuk menjalani kehidupan pernikahan yang akan diwarnai dengan ragam dinamika baru.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, seberapa penting memiliki penghasilan sendiri sebelum menikah? Kalau punya pendapat atau sudut pandang yang lain, boleh juga berbagi di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading