Sukses

Relationship

8 Cara Sederhana Mendapat Cinta yang Sehat dan Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Hubungan harmonis menjadi salah satu tujuan saat membangun relationship dengan seseorang. Keharmonisan bisa didapatkan ketika sebuah hubungan berjalan dengan sehat.

Hubungan yang sehat terbukti meningkatkan kebahagiaan, kesehatan, dan mengurangi stres. Studi menunjukkan bahwa orang dengan hubungan yang sehat memiliki lebih banyak kebahagiaan dan lebih sedikit stres.

Ada cara dasar untuk membuat hubungan sehat dan menyenangkan meskipun setiap hubungan berbeda. Kiat-kiat ini berlaku untuk semua jenis hubungan: persahabatan, hubungan kerja dan keluarga, serta hubungan asmara. Apa saja? Berikut ulasannya, melansir amherst.edu.

Pertahankan ekspektasi yang realistis.

Tidak ada yang bisa menjadi semua yang kita inginkan.  Hubungan yang sehat berarti menerima orang apa adanya dan tidak berusaha mengubahnya. Jangaj memiliki ekspektasi yang tinggi atau sesuai dengan keinginanmu. 

Komunikasi 

Komunikasi sangat penting untuk hubungan yang sehat. Apapun yang dikomunikasin tentu hubungan puj akan berljalan lancar.

Misalnya, berkomunikasi tentang meluangkan waktu, memahami perspektif mereka sepenuhnya, mengajukan beberapa pertanyaan yang dapat menunjukkan bahwa kalian tertarik.  Tanyakan tentang pengalaman, perasaan, pendapat, dan minat mereka. 

Berbagi informasi, studi menunjukkan bahwa berbagi informasi membantu hubungan sehat yang menyenangkan.  Beri tahu seperti apa dirimu, tetapi jangan terlalu cepat membanjiri informasi pribadi.

Jadilah fleksibel

Wajar jika merasa tidak nyaman dengan perubahan. Hubungan yang sehat memungkinkan adanya perubahan dan pertumbuhan. Maka jadilah lebih flexsibel dengan keadaan jangan terlalu mengatur atau egois dengan apa yang kita inginkan.

Jaga dirimu juga

Hubungan yang sehat saling menguntungkan, dengan ruang untuk kebutuhan kedua belah pihak. Jangan sampai dirimu melupakaan kebahagiaan diri sendiri karena ingin selalu membuat bahagia pasangan.

Jadilah orang yang bisa diandalkan

Jika dirimu membuat rencana dengan seseorang, buatlah menyenangkan  Jika memikul tanggung jawab, selesaikanlah.  Hubungan yang sehat adalah kepercayaan.

Bersikap tegas

Menurut peneliti hubungan John Gottman, pasangan yang bahagia memiliki rasio 5 interaksi atau perasaan positif untuk setiap 1 interaksi atau perasaan negatif.  Ekspresikan kehangatan dan kasih sayang. Bersikaplah tegas dengan pilihan atau putusan yang telah diambil. 

Jaga keseimbangan hidupmu  

Orang lain membantu membuat hidup kita memuaskan tetapi mereka tidak dapat memenuhi setiap kebutuhan.  Hubungan yang sehat memiliki ruang untuk aktivitas di luar.

Berpikir positif

Butuh waktu untuk bertemu orang dan mengenal mereka.  Hubungan yang sehat dapat dipelajari dan dipraktikkan, dan terus menjadi lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading