Sukses

Relationship

5 Cara Mengatasi Konflik dalam Hubungan dan Bisa Tetap Setia

Fimela.com, Jakarta Masalah, konflik, dan tantangan baru akan hadir dalam setiap hubungan. Mengingat ada komitmen baru dan perjalanan baru yang dijalani bersama, berbagai persoalan  berbeda pun akan menghampiri. Sebuah konflik  bisa memicu perpisahan, tetapi bisa juga memperkuat hubungan. Tergantung dari cara kita dalam menyelesaikan konflik yang ada.

Agar bisa tetap saling setia dan cinta tetap bertahan, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan konflik dalam hubungan. Seperti strategi berikut ini.

 

 

1. Sadari Keberadaan Konflik

Mengutip buku The Introvert Advantage, hubungan yang tanpa konflik adalah hubungan yang tidak berjalan dengan baik. Maksudnya di sini adalah konflik yang hadir bila bisa disikapi dan diatasi dengan baik, maka itu bisa makin memperkuat hubungan dan menghadirkan cinta yang lebih kokoh. Jadi, kalau kamu dan pasangan memang merasa ada masalah atau konflik yang perlu diselesaikan bersama, sampaikan dengan jujur dan terbuka. Sadari kehadiran konflik tersebut agar bisa sama-sama dicari jalan keluar terbaiknya.

 

 

2. Cari Tahu Akar dari Konflik yang Terjadi

Kamu dan pasangan bisa saling bergantian mengutarakan akar dari konflik yang terjadi. Cobalah untuk bisa saling jujur dan mendengar satu sama lain. Bisa jadi ada sudut pandang atau pemahaman berbeda dari suatu hal yang memicu konflik tersebut. Saling memberi kesempatan untuk didengar dan mendengar bisa jadi langkah bijak untuk mengatasi persoalan yang ada.

 

 

3. Tenangkan Diri Masing-Masing

Pasanganmu mungkin butuh waktu untuk menepi atau menyendiri sejenak. Bukan untuk menjauhimu tapi untuk menenangkan dirinya lebih dulu. Kamu pun mungkin butuh ruang yang terasa lebih lapang untuk bisa menjernihkan kembali pikiranmu. Ketika mengalami kebuntuan, cobalah untuk saling memberi kesempatan tenangkan diri masing-masing.

 

 

4. Sampaikan Kebutuhan Masing-Masing

Konflik yang berkepanjangan bisa jadi karena tidak bisa saling memahami kebutuhan masing-masing pasangan yang sebenarnya. Ketika hati dan pikiranmu sudah lebih tenang, kamu bisa bicara lagi dengan pasanganmu dan menyampaikan kebutuhanmu. Begitu juga dengannya. Beri dia kesempatan untuk mengutarakan kebutuhannya.

 

 

5. Jembatani Perbedaan yang Ada

Konflik dalam hubungan bisa muncul karena adanya perbedaan. Entah itu perbedaan sudut pandang, perbedaan selera, atau perbedaan yang lainnya. Cobalah untuk menjembatani perbedaan yang ada. Ambil titik tengah atau hal yang bisa disepakati bersama untuk mengatasi persoalan yang ada.

Semoga dari tiap konflik yang bisa diselesaikan, hubungan bisa makin kuat. Semoga kesetiaan masih tetap terjaga dalam hubungan yang kamu jalin dengannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading