Sukses

Relationship

5 Sikap yang Membuatmu Tetap Bahagia saat Single

Fimela.com, Jakarta Saat lajang atau single, kadang kita merasa begitu kesepian. Sampai-sampai menganggap hidup kita belum utuh tanpa kehadiran pasangan. Perasaan negatif yang terus menyelimuti pun membuat kita malah makin sulit bahagia.

Padahal untuk bahagia, kita tak harus menunggu validasi atau kehadiran seseorang. Saat masih single kita tetap bisa bahagia menjalani hidup. Bahkan kita bisa mendapatkan warna-warni tersendiri dalam keseharian kita. Dengan sikap-sikap yang lebih positif ini pun kita bisa makin bahagia saat masih single.

 

 

1. Sikap Berdamai dengan Melankolia

Saat single, kadang muncul keinginan dan kerinduan bersama seseorang. Ada perasaan melankolia yang membuat kita gelisah. Mengutip buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, "Ada kalanya kita sedih tanpa alasan sama sekali. Kita melakukan kegiatan rutin sehari-hari tanpa dipikir lagi, seperti menyikat gigi, dan tiba-tiba kita merasa diselimuti kesedihan yang datang tak diundang. Atau, kebetulan kita menatap keluar jendela tanpa ada sesuatu yang secara khusus diperhatikan, dan tiba-tiba pikiran terasa tidak enak, membuat kita gelisah." Perasaan melankolia yang hadir ini tak perlu dibenci. Cobalah untuk berdamai dengan kehadirannya sebab itu bisa menjadi bagian dari cara dan proses kita untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik lagi.

 

 

2. Sikap Bersyukur

Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang pun bisa berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya. Dengan semua realitas yang masih dijalani dan dihadapi di statusmu yang masih single, kamu bisa lebih banyak bersyukur. Makin banyak bersyukur, makin lapang hatimu dan ini akan membuatmu lebih mudah bahagia.

 

 

3. Sikap Menyenangkan Diri Sendiri

Tetap luangkan waktu khusus untuk membuat hatimu senang. Bila menyendiri atau melakukan sesuatu seorang diri bisa membantumu menemukan kenyamanan, lakukan saja. Sesuatu yang sederhana bisa menjadi sumber kebahagiaanmu saat kamu secara sadar melakukannya untuk kebaikan diri. Selama tidak merugikan siapa pun dan tidak makin membebani dirimu sendiri, kegiatan atau sesuatu yang dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri bisa membuat harimu terasa lebih cerah.

 

 

4. Sikap Berbaik Hati pada Diri Sendiri

Ini juga masih berkaitan dengan sikap menyenangkan diri sendiri. Cobalah untuk tetap berbaik hati pada diri sendiri. Tak perlu terus menyalahkan diri sendiri atas kegagalan hubungan yang telah lalu. Tak usah terus menghukum diri sendiri yang belum bisa memenuhi tuntutan atau tekanan dari orang lain atas standar tertentu. Dirimu saat ini sudah cukup, dan semua yang kamu miliki saat ini sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan.

 

 

5. Sikap Suka Berbagi

Tetaplah berbagi. Berbagi apa pun, tak terbatas hanya pada harta benda saja. Berbagi ilmu, pengetahuan, wawasan, dan pengalaman juga bisa kamu lakukan. Menikmati masa single bisa terasa lebih bermakna saat kamu bisa mengisinya dengan lebih banyak berbagi. Berbagi kebaikan dan manfaat dari sesuatu yang sedang kamu kerjakan atau tekuni saat ini pun bisa menghadirkan kebahagiaan sendiri.

Yuk, tetap bahagia menjalani hari-harimu. Status yang masih sendiri bukanlah halangan untuk meraih kebahagiaanmu sendiri.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading