Sukses

Relationship

7 Tips Sukses Menjalani Pernikahan Jarak Jauh yang Penuh Lika-liku

Fimela.com, Jakarta Banyak orang akan mengatakan mereka tidak akan memilih pernikahan jarak jauh. Itu sebelum mereka jatuh cinta pada seseorang, dan mereka merasa tidak punya pilihan. Pernikahan jarak jauh mungkin tidak ideal atau mudah, apalagi jika kita berbicara tentang pernikahan jarak jauh dengan mengasuh anak. Namun, itu bisa lebih dari sepadan dengan masalahnya ketika kamu bersama orang yang tepat.

Untuk membantumu dalam menjalin hubungan pernikahan jarak jauh, berikut beberapa tips yang dapat membantumu untuk menjaga hubungan tetap harmonis dan bahagia. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jaga Kualitas Komunikasi

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasangan jarak jauh mungkin lebih puas dengan komunikasi mereka daripada pasangan yang tinggal bersama, kemungkinan besar karena mereka tahu pentingnya komunikasi. Masalah pernikahan jarak jauh biasanya berakar pada komunikasi, sama seperti hubungan lainnya.

Oleh karena itu, salah satu kunci untuk hubungan jarak jauh adalah menyadari kualitas, perbedaan yang meresahkan dalam komunikasi tatap muka, dan mengatasinya. Misalnya, jika kamu tidak memiliki kesempatan untuk meringkuk sebelum tidur, pikirkan dulu, dan kirimkan pesan yang bijaksana. Hal-hal kecil seperti itu berjalan jauh.

2. Memprioritaskan Jadwal untuk Berkomunikasi

Variasi dalam pekerjaan, dan jadwal tidur serta perbedaan zona waktu dapat sedikit membebani pernikahan jarak jauh. Untuk tetap terhubung secara emosional dalam hubungan jarak jauh, prioritaskan jadwalmu, sehingga kamu berada dalam kondisi terbaik saat berbicara satu sama lain.

3. Hindari Komunikasi yang Berlebihan

Berbagi detail setiap hari itu bagus, asalkan tidak berlebihan. Jika kamu ingin tahu cara membuat pernikahan jarak jauh berhasil, fokuslah untuk berkomunikasi secara teratur tanpa membuat satu sama lain kewalahan. Kirim rutinitas hari-harimu, tanpa berbagi berlebihan.

4. Sama-sama Terbuka

Ikuti nasihat pernikahan jarak jauh ini dan pastikan kamu tidak menyelidiki pasanganmu. Mereka akan mengetahuinya, dan mereka tidak akan menyukainya.

 

5. Utamakan Kepercayaan

Begitu kamu memutuskan untuk menikah jarak jauh, utamakan saling percaya. Kepercayaan adalah sesuatu yang kamu bangun, dan itu lebih dari sekadar kesetiaan seksual. Bisakah kamu percaya mereka akan ada di sana saat kamu membutuhkannya? Apakah mereka akan mengangkat telepon saat kamu kesal, dan apakah mereka tetap pada rencana yang dibuat? Jika kalian berdua berupaya menjadi pasangan yang berharga, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

6. Jaga Ekspektasimu

Seringkali, terlepas dari seberapa besar kamu membutuhkannya atau menginginkannya di sana, mereka tidak dapat muncul. Ungkapkan harapanmu sehingga kamu dapat menjaga perasaanmu dan pasangan jika diperlukan.

7. Selain Terbuka Perlu Juga Menjadi Jujur

Bagaimana menjaga hubungan jarak jauh dengan suami atau istri? Jangan menghindari membicarakan hal-hal sulit sampai kalian bertemu langsung. Studi menunjukkan pasangan yang menggunakan strategi konstruktif untuk menyelesaikan ketidaksepakatan cenderung tidak mudah putus karena pertengkaran. Oleh karena itu, jangan lewatkan percakapan sulit ini dan lewatkan kesempatan untuk menyelesaikannya.

Nah, meski terlihat mudah, menjalani pernikahan jarak jauh lebih sulit. Tak sekadar komitmen, banyak hal yang harus dipertahankan oleh pasangan yang menjalani LDM ini. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading