Sukses

Relationship

5 Sikap Tenang untuk Bisa Move On dari Mantan Kekasih

Fimela.com, Jakarta “Love is hard to find, hard to keep, and hard to forget.” (Alysha Speer) Mencintai seseorang itu sulit. Mempertahankan cinta pun sulit, dan melupakan cinta tak kalah sulitnya. Ketika baru putus cinta atau berpisah dari seseorang, melanjutkan hidup atau move on menjadi hal yang sangat berat untuk dilakukan.

Hanya saja kehidupan terus berjalan. Waktu terus berputar. Saat kamu patah hati, kamu tetap perlu berusaha move on. Kalau masih merasa sulit untuk move on bisa mulai dari menerapkan sejumlah sikap ini untuk membuka lembaran hidup baru yang lebih baik.

 

 

1. Melihat Sisi Baiknya

Mengutip buku How to Love, "Saat terluka, kita juga akan bertumbuh. Kita tidak gagal dalam cinta, melainkan hanya mencicipi rasanya mencintai dan berpisah." Cobalah untuk melihat sisi baik dari pengalaman yang ada. Mungkin hubungan yang sudah kamu usahakan dengan baik berujung kegagalan. Namun, bukan berarti kehidupanmu juga akan gagal. Bisa jadi justru ini kesempatanmu untuk bertumbuh, yaitu bertumbuh menjadi pribadi yang lebih bijak lagi.

 

 

2. Memaafkan Segalanya

Cobalah untuk memaafkan segalanya. Perpisahan dan berakhirnya hubungan yang ada memang menyakitkan dan meninggalkan luka yang dalam, tapi itu sudah berakhir dan menjadi bagian dari masa lalu. Kini, cobalah untuk memaafkan segalanya agar hatimu bisa terasa lebih ringan dan kamu bisa melangkah ke depan dengan hati baru.

 

 

3. Membahagiakan Diri Sendiri

Alihkan cinta yang ada untuk diri sendiri. Selama ini kamu sudah berusaha keras untuk membahagiakan orang lain. Kini, fokusnya adalah dirimu sendiri. Cobalah untuk membahagiakan diri sendiri sebagai salah satu bentuk upaya membuak lembaran hidup baru yang lebih baik.

 

 

4. Menguraikan Semua Perasaan yang Ada

Kalau kamu butuh teman curhat, cobalah cari orang yang terpercaya dan bisa menjadi pendengar yang baik untukmu. Kalau butuh media untuk menuangkan semua isi hati dan perasaan, kamu bisa coba menulis di buku harian atau jurnal. Bisa juga mendengarkan musik untuk membantumu memproses dan melepaskan kesedihan yang masih ada. Intinya cobalah untuk mengeluarkan semua hal yang masih mengganjal di benakmu agar kamu bisa move on.

 

 

5. Membuat Harapan Baru

Saatnya untuk bersikap lebih optimistis dengan kehidupan sendiri. Bisa dimlai dengan membuat harapan baru. Hubungan yang telah lalu memang meninggalkan luka, tapi itu sudah jadi bagian dari masa lalu. Kini, fokusmu adalah masa depan. Jadi, jalani masa kini sebaik mungkin untuk meraih masa depan yang lebih indah dengan cinta yang lebih istimewa.

Semoga hatimu bisa kembali kuat dan tegar lagi, ya. Semoga semua luka yang ada bisa segera sembuh dan kamu bisa tersenyum lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading