Sukses

Relationship

Mengapa Cinta Tak Berbalas Lebih Menyakitkan daripada Putus Cinta? Ini Alasannya!

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu mencintai seseorang tetapi dia tidak membalas cintamu, tentu aka nada perasaan yang menyakitkan dan memilukan. Ketika kamu memberikan selutuh hatimu kepada seseorang tetapi di tidak merasakan hal yang sama denganmu, seluruh impian dan harapanmu bisa hancur berkeping-keping.

Cinta tak berbalas adalah jenis cinta romantis di mana satu orang memiliki perasaan yang mendalam untuk orang lain yang tidak membalas perasaan tersebut. Dengan kata lain, itu adalah hubungan cinta sepihak. Kamu mungkin mengalami keinginan yang kuat untuk bersama orang yang kamu cintai, tetapi orang yang kamu inginkan tidak merasakan hal yang sama.

Kita tidak dapat memaksa seseorang untuk mencintai dan karenanya, orang yang mencintai seseorang tanpa syarat, tidak dapat memaksa yang terakhir untuk mencintai mereka kembali. Dan karenanya, pengalaman cinta tak berbalas bisa sangat menyakitkan. Ketika seseorang jatuh cinta dengan orang lain, mereka sering memiliki hubungan emosional yang kuat. Mereka menginvestasikan banyak waktu dan energi ke dalam hubungan.

Alasan Cinta Tak Terbalas Begitu Menyakitkan

Alasan lain mengapa cinta tak berbalas begitu menyakitkan adalah karena bisa memicu perasaan rendah diri. Ketika seseorang mencintai orang lain yang tidak merasakan hal yang sama, itu dapat membuat mereka mempertanyakan nilai mereka sendiri sebagai pribadi. Mereka mungkin bertanya-tanya mengapa mereka tidak cukup baik atau mengapa orang lain tidak melihat mereka dengan cara yang sama. Orang tersebut dapat pengabaian diri, kebencian, dan bahkan depresi. Cinta adalah perasaan yang kuat yang dapat memperkaya seseorang dengan segala jenis kebahagiaan atau membuatnya hancur menjadi potongan-potongan kecil yang menyakitkan.

Cinta tak berbalas juga bisa menimbulkan rasa kehilangan dan duka. Ketika seseorang menginvestasikan waktu dan energi ke dalam suatu hubungan, itu menjadi bagian dari identitas mereka. Ketika hubungan itu tidak dibalas, rasanya seperti kehilangan bagian dari identitas mereka, yang bisa sangat sulit untuk diterima.

Bisa Memengaruhi Kesehatan Secara Fisik

Selain tantangan emosional tersebut, cinta tak berbalas juga bisa menimbulkan masalah fisik. Kamu mungkin mengalami stres dan kecemasan yang mendalam karena tidak mengetahui apakah orang lain juga menyukaimu atau tidak. Kamu juga mungkin cemas dan sangat sedih mengetahui bahwa orang tersebut tidak membalas cintamu. Ini bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan, gangguan tidur dan percaya atau tidak, bahkan sedikit rasa sakit di dada.

Mengatasi cinta tak berbalas sangat sulit. Setiap orang menghadapi penolakan di beberapa titik dalam hidup. Move on bukanlah pilihan mudah bagi banyak orang karena orang cenderung memikirkan kesedihan untuk waktu yang lama sampai mereka siap secara emosional dan mental untuk mencintai orang lain lagi.

Mereka yang bertanya-tanya, mungkinkah move on dari cinta tak berbalas, ya, benar. Kamu dapat meluangkan waktu, entah itu berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk move on dari orang tersebut dan akhirnya bahagia dengan diri sendiri. Saat kamu mulai mencintai diri sendiri, lubang yang tersisa di hatimu akhirnya akan terisi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading