Sukses

Relationship

10 Aspek Penting yang Membantumu Menentukan Kapan Kamu Siap Menikah

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adalah tonggak penting dalam hidup seseorang, tetapi mengambil keputusan akhir untuk menikah dapat membuat hati bimbang bagi sebagian orang. Hal ini membuat banyak pasangan bertanya-tanya berapa lama untuk berkencan sebelum menikah atau seberapa cepat untuk melamar. Sekarang, ingat meskipun ada faktor tertentu yang dapat kamu pertimbangkan, pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang pasti, karena setiap hubungan itu unik dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda. Berbagai faktor seperti kepercayaan pribadi, pengaruh budaya, kesiapan individu, dan tingkat komitmen semuanya dapat berperan dalam menentukan waktu yang tepat untuk membuat keputusan penting ini.

Perlu kita memahami aspek-aspek penting yang memengaruhi waktu ideal yang harus dihabiskan pasangan sebelum memutuskan untuk menikah. Lalu, apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Dapat Berkomunikasi Secara Terbuka Satu Sama Lain

Memiliki kebijakan komunikasi yang terbuka adalah suatu keharusan untuk pernikahan yang sehat dan bahagia. Ketika kamu menciptakan ruang yang aman bagi pasangan untuk berbagi pemikiran dan perasaannya tanpa takut dihakimi, kamu sedang menciptakan fondasi agar hubungan itu berkembang.

Selain itu, berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan memungkinkan untuk mengenalnya lebih baik, dan menunjukkan kepada pasangan bahwa kamu tertarik dengan pendapat dan sentimennya. Dengan komunikasi yang tepat, kamu juga dapat mengatasi masalah yang menyebabkan kamu stres atau cemas. Dengan melakukan ini, kamu akan dapat mengatasi masalah dengan cara yang membangun. Di sisi lain, jika kamu tidak berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan, akan ada celah di antara kalian berdua yang akan menyebabkan kalian merasa terputus satu sama lain, yang mengarah ke hubungan yang tidak sehat selama jangka waktu tertentu.

2. Menghormati Satu Sama Lain

Menghormati pasangan, terlepas dari situasi atau perbedaan pendapat, adalah elemen yang tidak dapat dinegosiasikan dari hubungan yang sehat. Jadi, sebelum kamu terlalu bersemangat memulai fase baru dengan pasangan, duduk dan renungkan fakta ini. Ingat kembali saat-saat di mana kamu mungkin telah membiarkan emosi mengambil alih dan bagaimana kamu mungkin telah menyakiti atau tidak menghormati pasangan dalam prosesnya. Demikian pula, renungkan saat-saat ketika pasanganmu mungkin tidak menghormatimu.

Juga, pikirkan tentang bagaimana kalian masing-masing bereaksi dalam situasi tertentu itu. Pahami, bahwa saling menghormati harus bertahan terlepas dari pilihan hidup, individualitas, kesalahan, dan ketidaksepakatan. Yang terpenting, kalian berdua harus tahu bagaimana menjaga rasa saling menghormati itu terlepas dari perbedaan pendapat dan perspektif, dan tidak bermain kotor dengan merendahkan orang lain berdasarkan penilaianmu. Jika kamu yakin itu adalah sesuatu yang kamu dan pasangan setujui, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengambil langkah selanjutnya dalam hubunganmu.

3. Pahami Bahwa Hubungan Adalah Sebuah Tim

Menjadi tim adalah aspek yang sangat penting dari kehidupan pernikahan yang sukses. Jika kalian adalah sebuah tim, kalian harus dapat mempercayai satu sama lain dan mengutamakan kepentingan terbaik satu sama lain. Jika kalian memiliki motif tersembunyi, kalian belum siap untuk hubungan jangka panjang.

4. Jujur Dan Transparan Satu Sama Lain

Kejujuran dan transparansi diperlukan untuk membangun kepercayaan dan mempertahankan hubungan yang langgeng. Jadi, periksa apakah kamu jujur dan transparan dengan pasangan dan sebaliknya. Meskipun kita memahami bahwa tidak mungkin untuk berbagi setiap hal dan segalanya dengan pasangan, menyembunyikan informasi relevan yang entah bagaimana dapat menyakiti mereka atau menyebabkan kekecewaan mereka tidak dapat diterima dalam hubungan yang bahagia.

5. Mengenal Satu Sama Lain Luar Dalam

Dipercayai bahwa rata-rata pasangan yang berhasil bertahan melewati "fase bulan madu" cenderung saling mengenal luar dan dalam. Mereka sangat tergila-gila dan berbagi chemistry yang mendalam satu sama lain. Mereka tidak hanya benar-benar menikmati kebersamaan satu sama lain, tetapi mereka juga saling memahami tentang suka, tidak suka, ketakutan, rasa tidak aman, dan pola pikir mereka. Selain itu, pasangan seperti itu menerima satu sama lain apa adanya tanpa penilaian atau ekspektasi yang tidak rasional.

6. Tersedia dan Berinvestasi Secara Emosional

Menjadi tersedia secara emosional dan berinvestasi dalam hubungan adalah salah satu kunci untuk memiliki hubungan jangka panjang yang sukses. Jika kamu tidak tersedia secara emosional atau tidak menyadari atau bingung tentang perasaanmu sendiri, kamu tidak akan dapat memahami dan terhubung dengan pasanganmu. Jadi, jika kamu hanya ingin bersenang-senang atau bersama untuk menikmati saat-saat indah yang ditawarkan suatu hubungan, kamu tidak akan dapat terhubung dengan pasangan saat situasi stres muncul.

Dalam situasi seperti itu, kamu belum siap untuk bertunangan. Di sisi lain, ketika kamu tersedia secara emosional dan berinvestasi dalam hubungan, kamu akan dengan rela hadir dan terhubung dengan pasanganmu selama masa baik dan buruk.

7. Dapat Mencapai Tujuan Jangka Panjang yang Sama dalam Hidup

Meskipun benar bahwa lawan menarik, juga benar bahwa orang yang memiliki minat yang sama akan menjadi pasangan yang lebih baik. Nah, harap dipahami bahwa kesamaan ini bisa dalam hal apa saja mulai dari hobi hingga rutinitas tidur atau keyakinan dan tujuan. Kalian bisa menjadi kutub yang berlawanan dalam hampir semua hal dan tetap menjadi pasangan yang cocok. Namun, ada beberapa aspek atau tujuan yang harus diselaraskan pada titik tertentu untuk menjalani kehidupan pernikahan jangka panjang dan bahagia. Misalnya, jika pasangan ingin hidup nomaden dan kamu ingin menetap dengan sebuah rumah di kota, tujuanmu menjadi sangat berbeda.

Ini adalah sesuatu yang kamu dan pasangan tidak dapat abaikan karena dapat berdampak serius pada umur panjang pernikahan. Oleh karena itu, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kembali sebelum bertunangan atau menikah.

8. Telah Melakukan Pembicaraan Dan Mendiskusikan Poin-poin Penting Keselarasan

Memiliki kejelasan tentang tagihan, keuangan, keyakinan agama, nilai-nilai keluarga, rencana masa depan, pendidikan, penyelesaian masalah, anak-anak, dan masalah lainnya sangat penting untuk mempertahankan hubungan yang berkembang, terutama jika Anda merasa siap untuk mengambil langkah selanjutnya. Saat kamu duduk dan secara terbuka mendiskusikan pandangan dan pendapatmu tentang topik di atas dengan pasangan, kamu akan dapat melihat apakah kamu cocok dan memiliki masa depan bersama.

Seringkali, pasangan bertindak berdasarkan emosi mereka dan melompat menuju pernikahan tanpa memiliki gambaran yang jelas tentang seperti apa masa depan mereka nantinya. Kemudian, ketika kenyataan dari situasi yang dihadapi, mereka terkejut dan kecewa. Jadi, sebelum kamu membuat komitmen permanen, pastikan kamu dan pasangan memiliki pemikiran, keinginan, dan bagaimana kalian melihat masa depan dengan jelas.

9. Dapat Menyeimbangkan Pekerjaan Dan Kehidupan

Ada alasan mengapa pernikahan adalah langkah penting dalam hubungan. Itu karena pernikahan adalah komitmen hidup, dan pilihan yang dibuat oleh kedua pasangan. Jadi, kamu tidak bisa lagi hanya memikirkan diri sendiri atau rutinitas sehari-hari. Kamu harus memikirkan orang lain secara setara. Di sini, menjaga keseimbangan kehidupan kerja menjadi penting. Seseorang tidak bisa lebih berkomitmen pada pekerjaannya sambil mengabaikan tanggung jawab pasangan atau rumah tangganya. Jika kamu pikir kamu telah mengendalikan keseimbangan kehidupan kerja, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengambil langkah maju dalam hubunganmu.

10. Tahu Cara Menyelesaikan Konflik dengan Cara Sehat

Kita semua memahami bahwa pernikahan bukan hanya waktu mesra yang baik antara seorang pria dan seorang perempuan tetapi komitmen yang sungguh-sungguh sepanjang kehidupan. Akan ada fase di mana kamu akan menjadi yang paling bahagia, dan akan ada fase di mana kamu hanya akan bersedih dan berdebat. Jadi, mengetahui cara menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat sangatlah penting. Kamu tidak bisa membiarkan kemarahan, kekecewaan, atau emosi negatif lainnya mengambil alih dan putus begitu saja. Kamu harus tahu bagaimana berkomunikasi satu sama lain, mendiskusikan masalah, memberi ruang, memahami sudut pandang satu sama lain, meminta maaf bila perlu, memaafkan, dan melewati masalah yang muncul. Setelah kamu menguasai ini, tidak ada yang dapat menghentikanmu untuk memiliki kehidupan bersama yang bahagia.

Well, sebelum memutuskan untuk menikah, pahami dahulu hal-hal di atas dalam hubunganmu. Jika kerap terjadi perselisihan dan salah satu dari kalian menghindar untuk menyelesaikan konflik tersebut, tentu akan menjadi masalah besar dalam hubungan jangka panjang di kemudian hari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading