Sukses

Relationship

5 Cara Lebih Ikhlas Melupakan Pria yang Bukan Untukmu

Fimela.com, Jakarta “The key in letting go is practice. Each time we let go, we disentangle ourselves from our expectations and begin to experience things as they are.” (Sharon Salzberg, Real Love: The Art of Mindful Connection) Membuka lembaran baru setelah hati terluka memang butuh proses sendiri. Kamu mungkin butuh waktu yang tak sebentar untuk berdamai dengan kenyataan. Melupakan pria yang bukan untukmu bisa menjadi pengalaman yang terasa getir.

Ketika pilihan paling bijak adalah melanjutkan hidup dan melangkah ke depan, maka perlu lebih ikhlas merelakan pria yang tak bisa dimiliki. Caranya bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti berikut ini.

 

 

1. Izinkan Semua Perasaanmu Hadir

Tak perlu menolak kehadiran rasa sakit dan sedih yang ada. Izinkan semua perasaan hadir di dalam dirimu. Izinkan dirimu untuk menerima semua hal hadir di benak dan pikiranmu. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah menemukan jalan baru dan membuka pintu baru untuk mempersilakan semua perasaan itu keluar. Beri dirimu waktu untuk memproses semua perasaan yang hadir.

 

 

2. Berterima Kasih pada Pengalaman yang Hadir

Pengalaman yang kamu hadir mungkin memberi rasa pahit dan getir. Namun, tak perlu membencinya. Tak perlu juga membenci pria yang tak bisa kamu miliki. Cukup hargai dan apresiasi pengalaman itu. Ambil hikmah atau pelajaran baik dari pengalaman tersebut sebagai bagian dari proses pendewasaan dirimu.

 

 

3. Perkuat Sudut Pandang Positif

Dia yang tak bisa menerima perasaanmu tidak perlu dibenci. Dia yang tak bisa mencintaimu dengan rasa cinta yang sama besarnya dari dirimu bukanlah orang jahat. Anggap saja dia memang bukan orang yang tepat untukmu. Ada seseorang yang lebih tepat untukmu nanti di waktu yang lebih indah. Jadi, perkuat saja sudut pandang yang lebih positif agar kamu tak terus terpuruk dalam kesedihan.

 

 

4. Perkuat Harga Diri yang Kamu Miliki

Tak perlu membenci dirimu yang menyukai "orang yang salah". Tak perlu meratapi nasibmu yang mengalami cinta sepihak atau cinta bertepuk sebelah tangan. Kali ini, fokusmu adalah lebih menyayangi diri sendiri. Limpahkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri. Perkuat lagi harga dirimu, maka kamu akan bisa menyambut masa depanmu dengan senyuman yang baru.

 

 

5. Berlapang Dada Menerima Situasi yang Tak Bisa Diubah

Kamu tak punya kendali atas perasan orang lain. Tak bisa memaksa seseorang untuk menyukaimu atau menerima cintamu. Yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk lebih berlapang dada menerima hal-hal yang berada di luar kendali dirimu. Agar dengan demikian, energi dan waktumu bisa dimaksimalkan untuk hal-hal yang lebih penting dalam hidupmu.

Semoga hatimu bisa segera pulih, ya. Serta semoga kehidupanmu ke depannya bisa lebih bahagia lagi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading