Sukses

Relationship

5 Perilaku yang Dapat Menghancurkan Hubungan Tanpa Disadari

Fimela.com, Jakarta Setiap orang ingin memiliki hubungan sehat, bahagia, dan bertahan lama. Meski masalah akan selalu menerjang, namun kebahagiaan dapat dipertahankan bila pasangan saling bekerja sama. Hal yang umumnya akan menjadi batu sandungan dalam hubungan adalah perselingkuhan, komitmen tidak jelas, atau rasa bosan. Namun ternyata perilaku seseorang juga bisa menghancurkan hubungan.

Perilaku buruk sebenarnya dapat diubah, namun bila dilakukan tanpa sadar dan terus menerus pasangan pun akan lelah. Agar dapat menghindarinya dan memperbaiki diri demi hubungan awet yang bahagia, berikut perilaku atau karakter yang dapat menyebabkan hubungan hancur.

1. Mengabaikan Minat Pasangan

Sifat cuek sering kali diartikan tidak peduli dengan sekitar. Cuek dan sengaja tidak peduli adalah hal berbeda. Bila kamu sering tidak peduli dan mengabaikan pasangan, bahkan pada hal yang ia sukai maka akan menghancurkan hubungan. Perilaku ini membuat pasangan merasa tidak dihargai. Meski tidak tertarik dengan minat pasangan, cobalah untuk menghargai dengan mendengarkan atau menemani aktivitas yang berkaitan dengan minatnya. Tak perlu memaksa diri untuk menyukai hal yang sama, cukup hargai dan temani pun sudah cukup.

2. Selalu Cemburu

Cemburu adalah hal wajar dirasakan tiap pasangan, namun bila berlebihan maka akan merusak hubungan. Selalu cemburu pada akhirnya akan mengendalikan diri pasangan dan membuatnya tak berdaya. Pada akhirnya ia akan menarik diri dan menjauh secara emosional. Secara tidak langsung cemburu juga menghancurkan fondasi komitmen yang telah dibangun.

3. Tidak Percaya Pada Pasangan

Selalu memeriksa ponsel pasangan, tidak percaya dengan ucapannya, bahkan menyelidiki diam-diam karena curiga adalah bentuk rasa tidak percaya. Kepercayaan adalah fondasi dari hubungan. Walaupun sulit, belajarlah untuk mempertahankan komitmen dan memberi kepercayaan pada pasangan. Dengan begitu ia akan merasa diandalkan dan tanggung jawab atas perannya sebagai belahan jiwa. Bila kamu melakukan sebaliknya, mencurigai pasangan akan membuatnya melepas diri karena merasa tertekan.

4. Ingkar Janji

Kecil maupun besar, janji tetaplah janji. Satu hingga dua kali kamu ingkar janji, mungkin pasangan masih memaafkan. Namun saat terjadi berulang kali maka ia akan lelah juga. Mengingkari janji akan menyakiti hatinya dan dapat merusak kepercayaan. Ia mungkin mulai meragukan komitmen dan berhenti mengandalkanmu yang pada akhirnya berdampak buruk dalam hubungan.

5. Sering Marah

Marah atau pundung terhadap hal kecil yang mengecewakan mungkin umum dilakukan orang lain. Hal ini tidak masalah asal tidak berlebihan. Namun saat sudah kelewat batas dengan marah pada setiap kesalahan kecil maka pasangan akan merasa muak. Ia akan merasa dihakimi dan tidak dihargai atas pengorbanannya meski memiliki banyak kekurangan. Belajarlah menghargai pasangan dan sabar atas segala kesalahannya. Kesalahan dapat dibenahi, namun hubungan yang hancur sulit untuk dibangun kembali.

Memiliki hubungan yang awet dan penuh cinta adalah dambaan tiap pasangan. Jagalah sikap dan perilaku kita agar pasangan merasa nyaman dan tumbuh sikap saling menghargai.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading