Sukses

Relationship

5 Cara Tenangkan Diri setelah Kehilangan Seseorang yang Berarti

Fimela.com, Jakarta Kehilangan seseorang yang sangat berarti dalam hidup memang bisa meninggalkan kesedihan yang begitu dalam. Rasa sedih, terluka, hingga kecewa bisa datang bersamaan. Semua itu pun bisa membuat kita sulit untuk beranjak dan melanjutkan hidup.

Walaupun tidak mudah, tetapi kita masih bisa mengusahakan sejumlah hal untuk bisa meredakan kesedihan yang ada. Bisa dimulai dari melakukan hal-hal ini untuk tenangkan diri kembali.

 

 

1. Terima Pengalaman yang Ada dengan Hati Lapang

Tak perlu membenci rasa sedih yang hadir. Perasaan sedih yang hadir itu wajar terjadi. Mengutip buku The Socrates Express, kesedihan itu sendiri tidak menyakitkan, tapi kesedihan akan sesuatu-lah yang menyakitkan. Tak perlu menyalahkan diri sendiri karena merasa sedih, sebab kehilangan seseorang memang menyakitkan. Yang perlu dilakukan saat ini adalah menerima kesedihan yang ada dan berusaha untuk lebih berlapang dada menerima semua kenyataan tersebut.

 

 

2. Sadari Pengalaman yang Ada sebagai Bagian dari Proses Pendewasaan Diri

Kehilangan seseorang membuatmu harus menghadapi perpisahan yang sebenarnya tak pernah kamu inginkan, tapi bukan berarti kamu harus marah dengan semuanya. Mengutip buku How to Respect Myself, "Tidak perlu terlalu mengecap perpisahan sebagai hal yang buruk. Sebagaimana tidak ada hal yang mutlak baik, di dunia ini tidak ada juga hal yang mutlak buruk. Sendirian setelah berpisah memang membuat kesepian, tetapi juga membuat bebas." Cobalah untuk menjadikan pengalaman yang ada sebagai proses pendewasaan diri. Yakini kini hatimu sudah lebih kuat dari sebelumnya.

 

 

3. Terhubung Kembali dengan Hal-Hal yang Kamu Sukai

Ketika sudah cukup bersedih, saatnya untuk terhubung kembali dengan hal-hal yang kamu sukai. Lakukan hal-hal atau kegiatan yang membuat hatimu senang. Jalani rutinitas yang membuat dirimu merasa bermakna. Tak perlu tenggelam terlalu lama dalam keterpurukan ketika sebenarnya masih ada banyak kebaikan yang masih bisa kamu dapatkan selama kamu mau melangkah ke depan.

 

 

4. Cintai Dirimu dan Kehidupanmu dengan Sepenuh Jiwa

Pengalaman kehilangan seseorang yang sangat berarti memang menyakitkan, tetapi jangan sampai itu membuatmu membenci dirimu sendiri atau kehidupanmu sendiri. Cobalah untuk tetap menyayangi dan menghargai dirimu sepenuhnya. Dengan begini, suasana hatimu akan membaik dan kamu akan lebih siap menyambut kebahagiaan-kebahagiaan baru.

 

 

5. Perkuat Afirmasi Positif untuk Diri Sendiri

Tumbuhkan harapan baru dalam hidup. Sampaikan kata-kata baik untuk dirimu sendiri. Perkuat dan perbanyak lagi afirmasi positif untuk dirimu sendiri. Cara ini bisa membantumu untuk kembali berani melangkah ke depan dan tak lagi terpuruk dalam kesedihan mendalam.

Semoga hatimu bisa segera pulih dan kuat lagi. Semoga langkahmu ke depannya juga bisa lebih indah lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading