Sukses

Relationship

5 Tanda Hatimu yang Hancur Bisa Pulih Utuh Kembali

Fimela.com, Jakarta Saat hatimu terluka, mungkin kamu merasa sudah tidak lagi memiliki semangat hidup. Hati yang hancur berkeping-keping seakan sudah tidak bisa pulih dan utuh kembali. Berbagai hal buruk pun berkecamuk di dalam benak dan membuatmu merasa tak berdaya.

Sebelum makin terpuruk dalam rasa sedih, cobalah untuk membangkitkan sisi optimistis dalam diri. Bisa jadi sebenarnya hatimu yang hancur bisa kembali utuh. Untuk mencari tahu tanda-tandanya bisa simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Masih Bisa Membuat Harapan Baru

Mengutip buku The Comfort Book, "Harapan itu tidak serupa dengan kebahagiaan. Kita tidak harus bahagia untuk menjadi penuh harapan. Ketidaktahuan kita tentang masa depan, dan bahwa ada berbagai versi masa depan yang bisa lebih baik daripada yang ada sekarang. Harapan, dalam bentuknya yang paling sederhana adalah penerimaan kemungkinan." Selama kamu masih mau dan mampu membuat harapan baru dalam hidup, maka yakinlah kamu akan selalu bisa memulihkan diri dari rasa sakit hati yang kamu rasakan. Harapan baru akan menjadi semacam lentera untuk menerangi jalanmu.

 

 

2. Mampu Menerima Diri Sendiri

Saat kamu masih memiliki kemauan dan kemampuan untuk menerima dirimu sendiri, maka kamu akan selalu bisa menemukan kekuatan baru untuk melangkah ke depan. Mengutip buku The Child in You, "Self-acceptance means accepting that my feelings—the good and the bad—are part of me." Penerimaan diri berarti menerima semua perasaan yang kita miliki, yang baik dan buruk, sebagai bagian dari diri kita. Selama kamu bisa menerima dan berdamai semua perasaan yang hadir, maka kamu akan selalu punya kemampuan untuk memulihkan diri dari rasa sakit hati.

 

 

3. Memiliki Keberanian untuk Melihat Sisi Baik Segala Sesuatu

Untuk bisa melihat sisi baik dari segala sesuatu butuh keberanian tersendiri. Keberanian untuk melihat realitas sebagaimana adanya dan menemukan hikmah dan pelajaran dari tiap kejadian yang ada. Dengan keberanian ini, kamu pun akan selalu bisa menemukan cara untuk bisa bangkit lagi dan memulihkan diri dari luka dan sakit hati.

 

 

4. Mempunyai Semangat untuk Menghargai Kehidupan Sendiri

Selama masih ada semangat untuk terus menjalani hidup sebaik mungkin maka kamu akan selalu punya kemampuan untuk pulih dari rasa sakit hati yang kamu rasakan. Bahkan semangat dalam menghargai kehidupan sendiri menjadi pendorong kuat untuk bisa terus melangkah ke depan dalam hidup dan tidak tenggelam dalam rasa putus asa.

 

 

5. Membuka Diri terhadap Perubahan Baru

Selama kamu masih mau membuka diri menerima dan menyambut perubahan baru dalam hidup maka kamu akan selalu bisa pulih dari luka dan sakit hati yang kamu rasakan. Sebab biasanya setiap pengalaman yang menyangkut hati akan menghadirkan perubahan baru dalam hidup, dan untuk bisa tetap bertahan dan melangkah lagi perlu berusaha untuk beradapatasi dengan perubahan tersebut.

Semoga hatimu yang hancur kini bisa segera pulih dan utuh kembali. Beri dirimu waktu dan kesempatan untuk bisa memproses semua pengalaman dengan pikiran yang lebih jernih.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading