Sukses

Relationship

Cara Memperbaiki Hubungan Pernikahan dengan Pasangan yang Retak Karena Pertengkaran

Fimela.com, Jakarta Suatu hubungan pasti memiliki fase naik dan turun. Begitu juga dengan hubungan pernikahanmu dengan pasangan. Tak selamanya kamu akan selalu sepakat dengan pasanganmu. Ada juga waktu-waktu tertentu yang membuatmu dan pasangan saling berselisih atau berbeda pendapat.

Pertengkaran dalam suatu hubungan sebenarnya wajar saja, namun perlu diatasi agar hubungan pernikahanmu bisa bertahan. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan pernikahanmu. Mulai dari menurunkan ego hingga memperbaiki cara komunikasimu dan pasangan.

Berikut berbagai cara memperbaiki hubungan pernikahanmu yang retak akibat pertengkaran.

1. Bersikap Jujur dan Terbuka

Cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki hubungan pernikahanmu adalah dengan bersikaplah secara jujur dan terbuka. Bicarakan permasalahan yang sedang kamu dan pasangan hadapi secara terbuka. Lalu katakan alasan kamu melakukannya secara jujur. Jika kamu tidak mengatakan secara jujur dan terbuka, pasanganmu akan kesulitan untuk memercayaimu dan masalah sulit diselesaikan.

 

 

2. Minta Maaf Atas Kesalahanmu

Jika memang kamu melakukan kesalahan, maka katakan sejujurnya dan minta maaf atas kesalahan yang telah kamu lakukan. Jelaskan mengapa kamu melakukan hal tersebut, dan sebisa mungkin jangan membela diri. Jangan lupa untuk berkomitmen pada pasangan untuk tidak mengulangi lagi kesalahan tersebut.

3. Maafkan Pasangan Jika Ia Bersalah

Jika kesalahan atau permasalahan terletak pada pasanganmu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah memaafkannya. Terkadang memaafkan lebih sulit daripada minta maaf. Lapangkan dada dan turunkan ego agar mau memaafkannya.

Jika kamu belum bisa memaafkannya, beri tahu pasanganmu kalau kamu butuh waktu sebentar untuk menjauh dari pasanganmu dan memikirkan permasalahan ini. Pastikan kamu menghadapi permasalahan ini dengan kepala dingin agar hubunganmu tak semakin berantakan.

4. Berikan Jarak Untuk Kalian Berdua

Jika masalah yang sedang kamu hadapi justru semakin pelik bahkan bisa membuatmu lebih emosi, sebaiknya menjauhlah dari pasangan untuk sementara waktu. Memberi jarak antara kamu dengan pasangan bukanlah hal buruk, apalagi jika kalian sedang menghadapi permasalahan. Beri waktu untukmu dan pasangan memikirkan masalah dengan kepala dingin.

5. Datangi Konselor Pernikahan

Permasalahan yang semakin rumit dan pelik bukanlah akhir dari segalanya. Kalau kamu dan pasangan ingin mempertahankan pernikahan namun permasalahan yang kalian hadapi semakin sulit, maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan terapi bersama dengan cara melakukan konseling pernikahan.

Konseling pernikahan atau terapi pasangan adalah salah satu bentuk psikoterapi bagi pasangan yang sudah atau belum menikah. Terapi ini bertujuan untuk menemukan solusi dari setiap masalah rumah tangga yang kamu dan pasangan hadapi. 

Konseling pernikahan umumnya diberikan oleh konselor atau terapis pernikahan yang telah terlatih. Mereka merupakan pihak ketiga yang bisa mengidentifikasi dan membantu setiap pasangan dalam menemukan solusi bagi permasalahan rumah tangga secara objektif.

Untuk mendapatkan konselor pernikahan yang tepat, kamu bisa mencari rekomendasi dari teman atau orang di sekitarmu yang pernah menggunakan jasa konselor pernikahan sebelumnya. Namun jika tidak ada, kamu bisa meminta rekomendasi dari komunitas.

Setelah mendapatkan rekomendasi konselor pernikahan, cari tahu pengalamannya selama bekerja sebagai konselor, berlisensi atau tidak, di mana lokasi prakteknya, dan berapa biaya yang perlu dikeluarkan.

Pastikan kamu memilih konselor yang tepat. Hal ini dikarenakan pemilihan konselor akan berdampak pada hasil konseling dan pernikahanmu kelak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading