Sukses

Relationship

6 Tipe Cinta Dalam Hubungan Percintaan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah merasakan cinta. Cinta adalah sebuah emosi yang rumit dan memiliki makna yang berbeda, membuatmu merasa hangat. Tetapi, cinta diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis yang berbeda. 

Perasaan cinta yang kamu rasakan kepada seorang teman, anggota keluarga atau pasangan semuanya sangat berbeda. itulah mengapa ada banyak jenis cinta yang membuat kata cinta itu menjadi apa adanya dan kata cinta sendiri hampir tidak cukup.

Dilansir dari mindbodygreen dan stylegraze (22/8) ini 6 tipe cinta yang kamu alami sepanjang hidup. Apa saja? Cek penjelasannya di bawah ini.

Agape Love

Agape adalah cinta tanpa pamrih. Tipe ini mungkin bisa kamu kaitkan dengan tokoh-tokoh suci seperti Bunda Teresa atau aktivis seperti Malala. Cinta ini digambarkan sebagai cinta yang penuh kasih pada semua orang atau dikenal juga sebagai cinta kasih universal. Ini adalah cinta kasih yang kamu rasakan untuk semua makhluk hidup. Kamu berikan secara sadar dan tanpa imbalan apapun. Kamu bisa menyebutnya cinta tanpa syarat.

Philia Love

Philia atau persahabatan yang mendalam adalah sebuah perasaan cinta yang berkembang melalui persahabatan yang tahan lama dan mendalam. Kamu akan merasa sangat dekat dengan mereka yang memiliki philia dan dapat bercerita kepada mereka, mempercayai, dan menghormati pada tingkat yang sangat pribadi. Menurut Hallett, persahabatan seperti ini bisa sama berdampaknya dengan hubungan romantis. 

Storge love

Storge adalah hubungan cinta yang terlihat dalam ikatan orang tua, anak dan sahabat. Meskipun terlihat mirip dengan Philia tetapi jenis cinta yang satu ini berjalan dalam keluarga yang erat dan persahabatan yang paling dalam. Cinta tanpa syarat, hubungan yang lebih dalam serta penerimaan akan membentuk fondasi dari hubungan tersebut. cinta keibuan, cinta ayah, dan cinta persaudaraan adalah jenis-jenis dari storge love.

Mania Love

Beberapa orang berpendapat bahwa mania bukanlah cinta melainkan obsesif. Ini adalah gambaran dari sebuah hubungan toxic atau hubungan kodependen, di mana biasanya ada ketidakseimbangan kasih sayang yang menyebabkan satu orang menjadi terlalu terikat. Mungkin akan sulit untuk keluar dari mania jika kamu sudah terjerumus, tetapi jika kamu bisa perlu ada keseimbangan kasih sayang yang lebih sehat.

Eros love

Eros adalah penggambaran cinta yang penuh romansa, gairah, dan ketertarikan. Eros menggambarkan emosi yang memabukkan dan mendebarkan yang ditimbulkan oleh tahap awal sebuah hubungan. Orang-orang yang terikat dalam sebuah eros love biasanya menikmati gairah kuat dan keintiman yang erat tetapi mereka kurang memiliki komitmen. 

Ludus love

Ludus love atau playful love adalah hubungan yang sangat genit dan menyenangkan tanpa adanya ikatan yang menyertai. Hal ini bisa dilihat pada tahap awal hubungan ketika dua orang saling merayu, menggoda lalu saling jatuh cinta. Ludus love ini sering kali melibatkan tawa, godaan, dan perasaan gamang di sekitar seseorang. Meskipun sangat kekanakan tetapi hal ini bisa dapat berkembang.

Sahabat Fimela, demikian 6 tipe cinta dalam sebuah hubungan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading