Sukses

Relationship

5 Cara Membuktikan Cinta yang Tulus Menurut Konselor Terkenal

Fimela.com, Jakarta Tiap orang punya caranya sendiri dalam membuktikan dan menunjukkan cintanya yang tulus. Mengingat setiap orang unik dan punya preferensi sendiri soal menghadirkan kenyamanan dan kebahagiaan dalam hubungan, maka pada dasarnya cinta tulus bisa diekspresikan dengan beragam cara.

Kali ini, kita akan coba membahas sesuatu yang menarik terkait cara menunjukkan cinta yang tulus melalui bahasa cinta. Dr. Gary Chapman, seorang penulis, pembicara, dan konselor hubungan yang terkenal atas kontribusinya dalam bidang hubungan dan komunikasi dalam pernikahan punya konsep menarik soal bahasa cinta. Ada konsep lima bahasa cinta yang ia populerkan melalui bukunya, The Five Love Languages.

Ketulusan cinta bisa dibuktikan melalui lima cara berikut ini yang berkaitan dengan lima bahasa cinta berdasarkan konsep dari Dr. Chapman. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Pemberian Hadiah (Gifts)

Menurut Dr. Chapman, memberikan hadiah bukanlah sekadar tentang materi, tetapi merupakan cara seseorang menyampaikan perhatian dan kasih sayang. Sebuah hadiah dapat menjadi simbol cinta yang mendalam dan perhatian terhadap perasaan pasangan.

Dr. Chapman menjelaskan, "Dalam masyarakat kita, hadiah sering digunakan sebagai simbol cinta. Salah satu keindahan cinta adalah memberi hadiah secara tulus dan menerima hadiah dengan hati yang terbuka."

 

2. Menghabiskan Waktu Berkualitas (Quality Time)

 

Dr. Chapman menjelaskan, "Waktu adalah investasi dalam hubungan. Kita memberikan perhatian yang tulus satu sama lain ketika kita menghabiskan waktu berkualitas bersama."

Bagi beberapa orang, kualitas waktu yang dihabiskan bersama pasangan adalah bentuk cinta yang paling berarti. Ini bukan hanya tentang keberadaan fisik, tetapi juga tentang fokus dan perhatian penuh terhadap satu sama lain.

 

 

3. Pujian yang Tulus (Words of Affirmation)

Words of Affirmation dapat diartikan sebagai bentuk ekspresi cinta di mana seseorang merasa dicintai dan dihargai melalui kata-kata yang positif, pujian, penghargaan, dan kata-kata mendukung dari pasangan mereka. Kata-kata memiliki kekuatan untuk membentuk perasaan dan pandangan kita tentang diri kita sendiri.

Dr. Chapman menekankan pentingnya kata-kata yang positif dan mendukung dalam hubungan, "Kata-kata memiliki dampak besar dalam membentuk hubungan. Kata-kata pujian yang tulus dapat meningkatkan kepercayaan diri dan merangsang perasaan cinta yang mendalam."

 

 

4. Melakukan Tindakan Nyata (Acts of Service)

Bentuk cinta lain yang diakui oleh Dr. Chapman adalah tindakan nyata yang menunjukkan bahwa kita peduli. Melakukan sesuatu untuk pasangan, terutama jika itu merupakan hal-hal yang signifikan dalam kehidupan mereka, adalah ekspresi cinta yang kuat.

Dr. Chapman berkata, "Menolong dengan tulus adalah cara nyata untuk mengungkapkan cinta. Saat kita mengambil tanggung jawab untuk membantu pasangan, kita berinvestasi dalam kebahagiaan mereka."

Acts of Service dapat diartikan sebagai bentuk ekspresi cinta di mana seseorang merasa dicintai dan dihargai melalui tindakan nyata yang dilakukan oleh pasangan mereka.

Orang yang memiliki bahasa cinta Acts of Service cenderung merasa paling dekat dan terhubung dengan pasangan mereka ketika pasangan melakukan tindakan-tindakan yang nyata dan berarti untuk mereka.

 

5. Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Sentuhan fisik adalah bahasa cinta yang universal dan mendalam. Ini termasuk segala jenis sentuhan, mulai dari belaian lembut hingga pelukan erat. Dr. Chapman menjelaskan, Sentuhan fisik yang penuh perhatian dan kelembutan dapat menguatkan ikatan antara pasangan."

Dr. Gary Chapman telah memberikan wawasan berharga tentang berbagai cara manusia mengungkapkan cinta tulus. Bahasa cinta yang berbeda ini mencerminkan keragaman individu dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana kita dapat menciptakan hubungan yang lebih bermakna.

Seseorang yang mencintaimu dengan tulus bisa mengekspresikan perasaannya melalui salah satu cara di atas. Kamu pun bisa membuktikan ketulusan cintamu menggunakan salah satu bahasa cinta yang paling membuatmu nyaman.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading