Sukses

Relationship

5 Akibat dari Jomblo yang Tak Kunjung Usai, Pengaruh Jangka Panjang dan Cara Mengatasi

Fimela.com, Jakarta Jomblo adalah istilah sehari-hari dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada seseorang yang tidak memiliki pasangan atau lajang. Kata ‘jomblo’ sering memiliki makna negatif dan kadang-kadang dikaitkan dengan kesepian atau kurang menarik di pasar kencan.

Menjalani hidup jomblo dalam jangka panjang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara mental, emosional, dan fisik. Dari rasa sepi dan terputus dari lingkungan hingga pergeseran dalam pandangan diri dan rasa percaya diri, akibat dari lajang yang lama dapat sangat penting.

Jomblo yang lama dapat ditunjukkan oleh beberapa hal, seperti susah mempercayai orang lain, malas mengungkapkan emosi, merasa gelisah atau tertekan karena jomblo yang berkepanjangan, dan kehilangan rasa percaya diri dalam cinta. Efek psikologis dari jomblo yang lama dapat menyebabkan rasa rendah diri, ketakutan sosial, depresi, dan kurangnya rasa percaya diri. Ini dia beberapa akibat terlalu lama menjomblo yang perlu kamu tahu:

1. Memiliki Perasaan Kesepian

Mudah merasa sepi, karena tidak punya orang yang bisa memberi dukungan dan hiburan. Tak hanya itu ini juga menjadi kurangnya interaksi sosial dan emosional dengan orang lain, sehingga membuat seseorang merasa sendiri dan tidak bahagia.

2. Merasa Kurang Percaya Diri 

Rasa percaya diri berkurang, karena merasa gagal mencari pasangan yang cocok. Ini juga dapat menurunnya harga diri dan kebanggaan diri, karena merasa tidak ada orang yang tertarik atau mau bersama dengan seseorang.

3. Sering Mengalami Masalah Kesehatan

Timbul gangguan kesehatan, karena tidak rajin makan, sulit tidur, atau tegang. Ini juga dapat memberikan dampak buruk dalam kondisi fisik dan mental, karena tidak menjaga pola hidup sehat, tidak mendapatkan istirahat yang cukup, atau merasa cemas dan depresi.

4. Memiliki Trust Issue

Susah mempercayai orang lain, karena pernah disakiti atau khawatir dengan hubungan baru. Ini juga akan membentuk sikap defensif dan skeptis, karena pernah mengalami patah hati atau ketakutan akan kehilangan atau dikhianati oleh orang lain.

5. Kurang Merawat Diri

Tidak peduli dengan penampilan, karena tidak ada alasan untuk berdandan. Salah satu efek jomblo terlalu lama, yaitu menurunnya minat dan perhatian terhadap diri sendiri, karena merasa tidak perlu menarik perhatian atau menyenangkan orang lain.

Cara Mengatasi Jomblo Terlalu Lama

  • Menemukan kesenangan baru, berpartisipasi dalam kelompok, atau berbuat baik yang membuat kamu senang dan berguna.
  • Memperbaiki diri sendiri, baik dari segi tubuh, pikiran, maupun jiwa, agar kamu merasa lebih yakin dan menawan.
  • Menyambut orang lain dengan baik, tidak membatasi diri, dan berperilaku hangat dan hormat.
  • Memelihara kesehatan, dengan makan sesuai waktu, tidur yang cukup, dan bergerak aktif.
  • Tidak terlalu khawatir dengan status jomblo, tetapi konsentrasi pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan.

Dengan demikian, terlalu lama jomblo dan rentan kesepian dapat memiliki dampak psikologis dan kesehatan yang serius.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading