Sukses

Relationship

4 Tanda Inner Child yang Terlukan Bisa Memengaruhi Hubungan

Fimela.com, Jakarta Hubungan sering kali mencerminkan kondisi emosi kita yang lebih dalam, dan terkadang, luka masa lalu yang belum terselesaikan dapat meresap ke dalam hubungan kita saat ini, sehingga memengaruhi cara kita berinteraksi dengan pasangan. Kamu mungkin pernah terluka secara emosional saat masih anak-anak oleh pengasuh utama dan kemungkinan besar kamu masih belum pulih dari rasa sakit tersebut saat tumbuh dewasa. Hal ini menyebabkan masalah hubungan di masa dewasa dan dapat mengganggu kehidupan romantis sepenuhnya sampai kamu benar-benar sembuh. Dan berikut ini adalah beberapa tanda halus yang menunjukkan bahwa inner child yang terluka bisa berdampak pada hubunganmu.

1. Obsesi atau Khayalan Terus-menerus

Pernahkah kamu mendapati diri tenggelam dalam lamunan rumit tentang hubungan yang sempurna atau terus-menerus mencari kepastian dari pasanganmu? Perilaku seperti itu bisa menunjukkan kerinduan mendalam akan kebutuhan masa kanak-kanak yang belum terpenuhi. Mungkin sebagai seorang anak, kamu mendambakan kasih sayang atau perhatian yang tidak selalu terpenuhi. Akibatnya, kerinduan ini mungkin sekarang terwujud sebagai keinginan yang kuat untuk mendapatkan validasi dan kepastian dalam hubunganmu, memicu obsesi atau gagasan fantastis tentang pasangan ideal.

2. Rasa Takut Mengungkapkan Rasa Sakit Hati

Jika mengungkapkan rasa sakit emosional terasa seperti berjalan di atas kulit telur atau mengancam stabilitas hubungan, ini mungkin menandakan rasa takut yang mendasarinya, mungkin saja yang berasal dari pengalaman masa kecil di mana mengungkapkan kebutuhan atau rasa sakit hati menimbulkan konsekuensi negatif. Menekan emosi untuk menjaga keharmonisan dapat menghambat komunikasi yang tulus. Jika kamu tidak mengungkapkan perasaanmu saat disakiti oleh pasangan, hambatan komunikasi akan tercipta dan kebencian dapat menyebabkan jurang yang semakin dalam dalam hubunganmu.

3. Menyukai Pasangan yang Tidak Tersedia Secara Emosional

Berulang kali mendapati diri tertarik pada pasangan yang tidak tersedia secara emosional mungkin mencerminkan luka yang belum tersembuhkan yang mencari penyelesaian. Tumbuh di lingkungan yang kurang dukungan emosional dapat menyebabkan ketertarikan bawah sadar terhadap dinamika serupa di masa dewasa, berharap untuk menyelesaikan rasa sakit di masa lalu dengan mencari validasi dari pasangan yang berjuang dengan keintiman emosional.

4. Berfokus pada Persetujuan Orang Lain daripada Diri Sendiri

Mencari persetujuan atau validasi dari pasangan kita merupakan hal yang lumrah, namun jika kebahagiaanmu terasa bergantung pada persetujuan mereka, mungkin ada baiknya kita menelusurinya lebih dalam. Kecenderungan ini dapat ditelusuri kembali ke masa kanak-kanak, di mana rasa harga dirimu mungkin terkait dengan validasi eksternal karena kurangnya dukungan atau dorongan emosional. Akibatnya, kamu mungkin memprioritaskan persetujuan pasangan di atas kebutuhanmu sendiri, dan secara tidak sengaja mengabaikan perasaan atau aspirasimu sendiri demi mempertahankan validasinya.

Ketika luka batin belum sembuh, maka kamu selalu merasakannya dimana pun dan dalam hubungan romantis dengan siapa saja. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading