Sukses

Relationship

9 Langkah Kencan Pertama yang Wajib Dilakukan, Auto Gebetan Jadi Kepincut!

Fimela.com, Jakarta Kencan pertama merupakan sebuah momen yang penuh dengan harapan serta kegugupan. Bagi banyak orang, kencan pertama adalah langkah pertama menuju hubungan yang berarti, sementara bagi yang lain, itu adalah petualangan yang menarik dengan seseorang yang baru ditemui.

Apa pun maknanya, kencan pertama sering kali menjadi titik tolak yang menentukan arah hubungan dan memberikan kesan pertama yang tak terlupakan. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa kencan pertama juga sering kali diiringi oleh ketidakpastian.

Pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang harus dikenakan, topik pembicaraan yang tepat, atau bahkan apakah akan ada kecocokan antara dua individu, sering kali melayang di benak.

Meski begitu, kencan pertama tetap menjadi langkah penting dalam menjalin suatu hubungan, karena memberikan kesempatan bagi dua orang untuk saling mengenal dan mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan masa depan bersama.

Agar kencan pertama berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang baik, kamu memerlukan strategi yang tepat guna menghindari beberapa kendala serta kecemasan yang umum terjadi. Mau tahu apa saja strateginya? Lihat di bawah ini, ya!

Langkah Kencan Pertama

1. Buat Semua Jadi Singkat dan Sederhana

Kencan pertama dengan seseorang yang sedikit atau tidak dikenal sama sekali penuh dengan ketidakpastian. Untuk itu, jangan membuat segalanya menjadi lebih rumit dengan mencoba mengatur makan malam romantis yang sempurna atau merencanakan jalan-jalan seharian penuh.

Sebaliknya, buatlah semuanya singkat dan sederhana. Secangkir kopi di lokasi pusat akan memperjelas dengan cepat apakah teman kencan adalah seseorang yang ingin kamu habiskan lebih banyak waktu bersama.

Dan jika semuanya berjalan lancar, kopi bisa berubah menjadi makan siang atau makan malam serta menambahkan spontanitas ke dalam campurannya.

2. Kurangi Stres

Sedikit rasa cemas adalah hal yang wajar pada kencan pertama, namun faktanya itu adalah setengah kesenangan. Namun kamu sebaiknya menghilangkan jenis stres yang akan membuat bingung dan teman kencan tidak nyaman.

Ingat, semakin kamu merasa rileks, semakin nyaman teman kencan berada di dekat kamu. Salah satu trik sederhana adalah duduk dengan sudut yang tepat terhadap teman kencan, bukan menghadap mereka secara langsung.

Hal ini menghilangkan tekanan untuk mencoba mengisi setiap jeda dalam percakapan dan kamu berdua bisa melakukan sedikit pengamatan terhadap orang lain.

3. Temui Langsung

Percakapan mungkin dimulai di aplikasi atau situs web, namun tidak boleh berlangsung lama. Berkirim pesan memang bisa memberi gambaran tentang orang lain.

Namun untuk benar-benar mengenal satu sama lain, kamu memerlukan lebih dari sekadar pesan di layar, yakni ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan nada suara juga sama pentingnya. Jadi jangan buang waktu pada hubungan virtual.

Siapkan Topik Obrolan

4. Siapkan Beberapa Topik Obrolan

Kamu mungkin bertanya, bagaimana mempersiapkan kencan pertama? Yup, kamu tidak akan melakukan wawancara kerja tanpa persiapan terlebih dahulu, jadi mengapa kencan pertama harus berbeda?

Pikirkan beberapa pertanyaan bagus tentang kencan pertama yang bisa kamu ajukan dan beberapa jawaban menarik atas pertanyaan yang mungkin diajukan. Namun, jangan perlakukan kencan pertama seperti wawancara sebenarnya atau kamu akan membuat alarm berbunyi.

 

Ingatlah bahwa pertanyaan kencan pertama yang baik sama pentingnya dengan jawaban. Faktanya, fokus kamu harus mendengarkan dengan baik dan membuat orang lain merasa nyaman. Untuk itu, hindari topik sensitif terkait seks atau uang.

Menanyakan berapa penghasilan orang lain atau mengapa hubungan terakhir mereka berakhir bukanlah pertanyaan yang baik untuk ditanyakan pada kencan pertama.

5. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Orang senang berada di dekat orang yang percaya diri dan bahasa tubuh adalah sinyal kuat yang akan memberi tahu teman kencan banyak hal tentang kamu. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan melakukan sedikit 'power pose' terlebih dahulu.

Artinya berdiri selama beberapa menit dengan postur asertif dan tangan di pinggul, sehingga mengelabui otak agar merasa lebih percaya diri. Hanya saja, jangan lakukan itu pada tanggal itu sendiri atau kanu akan terlihat konyol.

Ciptakan Kesan Pertama

6. Perbanyak Mendengar

Kita semua senang berbicara tentang diri sendiri, tetapi jangan berasumsi bahwa teman kencan kamu menganggap semenarik itu. Faktanya, menjadikan segalanya tentang kamu mengirimkan sinyal yang salah.

Di sisi lain, kamu tidak bisa begitu saja berhenti bicara dan membiarkan teman kencan berbicara. Caranya adalah dengan mendengarkan secara cerdas dan merespons dengan tepat, seperti ketika kita merangkum suatu poin dan mengajukan pertanyaan.

7. Ciptakan Kesan Pertama yang Kuat

Kesan pertama itu penting karena hanya perlu beberapa detik bagi seseorang untuk membentuk opini tentang kamu berdasarkan penampilan dan sikap. Cara terbaik untuk memberikan kesan pertama yang positif adalah dengan tersenyum.

Tersenyum adalah salah satu kebiasaan orang yang disukai, tanda kebahagiaan dan keterampilan yang bisa dilatih. Dengan lebih banyak tersenyum, kamu tidak hanya akan mulai merasa lebih baik, tapi juga akan memproyeksikan sebagian dari hal positif tersebut kepada orang-orang di sekitar.

Selain itu, luangkan waktu untuk berpakaian bagus, namun tetap sesuai dengan gaya kamu yang biasa dan berpakaianlah dengan pantas untuk acara tersebut. Kamu tidak akan datang ke kafe dengan mengenakan tuksedo, namun kamu juga tidak akan datang ke pesta koktail dengan celana pendek dan kaos oblong.

Jadi Diri Sendiri

8. Jadi Diri Sendiri

Berkencan di abad ke-21 bisa terasa seperti sebuah kompetisi dan mungkin memang selalu seperti itu. Namun sering kali kita mengukur nilai diri kita berdasarkan apa yang kita anggap ‘menang’, sehingga kita mencoba meniru dan memperbaiki apa yang dilakukan orang lain alih-alih mencari jalan kita sendiri.

Namun berkencan tidak boleh membicarakan pemenang dan pecundang, karena ini tentang menemukan seseorang yang terhubung dan kamu sayangi. Seseorang yang membuat bahagia dan yang bisa membuatmu bahagia sebagai balasannya.

Ini hanya mungkin terjadi jika kamu tetap jujur pada diri sendiri dan membiarkan keaslian terpancar.

9. Siapkan Kencan Lanjutan

Jadi kamu merasakan suatu koneksi, percakapan mengalir dan memiliki banyak kesamaan. Hebat. Sekarang apa? Kencan pertama yang sukses hanya akan menghasilkan kencan berikutnya dan ini berarti mengatur pertemuan berikutnya. Kamu dapat melakukan ini, tetapi mungkin lebih baik tidak menempatkan seseorang pada posisi itu.

So, setelah kencan pertama, kamu bisa langsung membuat kencan selanjutnya jika bertemu orang yang tepat, ya! Dan dengan langkah-langkah kencan pertama, berkencan menjadi lebih mudah!

 

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading