Sukses

Food

Resep Sambal Terasi Tomat Sedap dan Inspirasi Food Pairing untuk Menu Buka Puasa Favorit Keluarga

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Dalam menyusun menu berbuka puasa, sambal jadi kondimen yang nggak boleh dilewatkan untuk melezatkan berbagai masakan di rumah. Salah satu yang banyak dikreasikan adalah resep sambal terasi tomat yang punya cita rasa segar dengan sensasi pedas yang bikin makanan apapun terasa lebih nikmat. Di bulan Ramadan ini, ibu biasanya sering dibuat bingung saat menyiapkan menu sahur dan berbuka yang bernutrisi, tapi tetap terasa lezat. Nah, kehadiran sambal di meja makan bisa jadi pelengkap yang membuat menu apapun terasa makin nikmat. Nggak hanya bikin makan berbuka makin lahap, saat bangun sahur pun bisa terasa penuh semangat.  

Kalau ingin menikmati sambal dengan cara yang lebih praktis, kreasi sambal terasi kemasan seperti yang dihadirkan oleh ABC Sambal Nusantara Terasi bisa banget dicoba. ABC Sambal Nusantara menghadirkan inovasi sambal terasi ala rumahan dalam kemasan pertama di Indonesia. Soal cita rasa nggak perlu diragukan lagi karena seotentik sambal rumahan yang sesuai dengan selera keluarga Indonesia. 

Untuk menghasilkan cita rasa yang familiar di lidah keluarga Indonesia yang menyukai sambal rumahan, produk ABC Sambal Nusantara Terasi ini dimasak ala rumahan, yaitu digiling secara tradisional. Hal inilah yang menjadikan rasa dan aroma yang dihadirkan begitu otentik, seperti sambal yang diulek sendiri di rumah. 

Selain itu, bahan-bahan yang tersaji dalam ABC Sambal Nusantara juga dibuat dari 100% bahan segar asli dari Indonesia* untuk memenuhi selera pedas otentik yang sesuai selera keluarga Indonesia.Pastinya bikin makanan apapun jadi lebih nikmat, termasuk bikin menu sahur dan berbuka jadi makin mantap!

Nah, di bulan Ramadan ini, kreasi dengan ABC Sambal Nusantara Terasi bisa jadi pilihan yang tepat untuk mendampingi berbagai lauk di rumah karena lebih praktis! Nggak perlu menghabiskan waktu untuk bangun lebih awal saat sahur hanya untuk mengulek sambal atau terburu-buru saat akan menyiapkan sambal untuk berbuka, karena ABC Sambal Nusantara Terasi bisa disajikan dengan praktis di meja makan. 

Bahkan, kemasannya yang terdiri dari pouch dan sachet juga praktis banget dibawa ke mana-mana buat keluarga yang terpaksa melalui waktu berbuka di luar rumah. Misalnya saja ketika ada meeting yang selesai terlambat atau terpaksa lembur karena ada deadline kerjaan yang harus ditunggu keesokan harinya. ABC Sambal Nusantara Terasi bisa jadi bekal untuk menemani berbagai menu berbuka di luar rumah buat menghadirkan sensasi masakan rumahan apapun lauk pendampingnya, mulai dari ikan bakar, ayam goreng, tahu atau tempe bacem, dan masih banyak lagi. 

Nggak hanya dapat melezatkan menu sahur dan berbuka saja, ABC Sambal Nusantara Terasi juga cocok banget dikombinasikan dengan menu Lebaran favorit keluarga. Misalnya saja untuk mendampingi menu opor ayam, sayur lodeh, ayam panggang dan masih banyak lagi yang pastinya akan lebih nendang dengan kelezatan ABC Sambal Nusantara Terasi.

Selain menghadirkan varian Sambal Terasi, ABC Sambal Nusantara juga memiliki 4 varian rasa sambal sedap lainnya seperti Sambal Geprek, Sambal Rendang, Sambal Hijau, dan Sambal Teri. Yuk, saatnya langsung beli ABC Sambal Nusantara Terasi atau varian lain favoritmu di toko terdekat! Cek informasi produk selengkapnya dengan klik di sini. ABC Sambal Nusantara, Sambal Asli Indonesia #HarusYangOtentik!

Sementara itu, ada banyak varian sambal terasi yang dikenal masyarakat, salah satunya adalah resep sambal terasi tomat yang pedasnya menyegarkan. Kalau ingin berkreasi sendiri di rumah, intip resepnya di sini dan rekomendasi food pairing yang cocok untuk menu buka puasa!

Resep Sambal Terasi Tomat

Resep sambal terasi tomat merupakan salah satu kreasi sambal yang sederhana dan praktis dibuat. Sensasi pedasnya pun menyegarkan. Yuk, intip resepnya!

Bahan:

2 siung bawang putih

5 butir bawang merah

10 buah cabai rawit

5 buah cabai keriting merah

2 buah tomat

1 ruas jari terasi bakar

Penyedap dan gula secukupnya

Cara Membuat:

1. Goreng semua bahan kecuali terasi, garam dan gula. Goreng semua bahan hingga layu. Jika kamu tak suka makanan yang digoreng, kamu bisa memasaknya bahan-bahan di atas dengan cara direbus. 

2. Siapkan cobek dan ulekan. Masukkan garam, penyedap dan terasi. Tambahkan bahan sambal yang digoreng atau direbus, ulek merata. 

3. Koreksi rasa, tambahkan garam, penyedap atau gula sesuai selera. 

4. Sajikan sambal tomat yang pedas gurih nikmat.

Food Pairing yang Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Setelah berkreasi dengan resep sambal terasi tomat, pastinya kamu akan berpikir lebih keras lagi kira-kira menu pendamping apa saja yang cocok untuk disajikan di meja makan? Berikut ini beberapa rekomendasi yang wajib dicoba!

1. Martabak Tahu untuk Snack Berbuka

Olahan tahu putih yang dilumatkan lalu dibungkus dengan kulit lumpia, sehingga menciptakan sensasi crispy di luar dan lembut di dalam memang bisa jadi snack berbuka yang lezat. Untuk menambah kelezatannya, tambahkan pendamping dari resep sambal terasi tomat yang sudah dibuat. 

Namun kalau nggak mau repot, sajikan saja bersama ABC Sambal Nusantara Terasi yang cita rasanya nggak kalah dari sambal rumahan lainnya. Pastinya cocok banget jadi cocolan martabak tahu gurih yang disajikan.

2. Inspirasi Menu Ikan Bakar Teflon untuk Menu Pendamping

Nggak punya alat bakaran di rumah? Tenang, menu ikan bakar bisa tersaji dengan praktis menggunakan teflon. Jenis ikan yang dipilih bisa gurami, bawal, atau ikan ekor kuning yang mudah ditemukan di pasar. Olesan ikan bakar bisa menggunakan kecap yang sebelumnya sudah dimarinasi dengan bumbu halus berupa bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, garam dan merica. Siapkan teflon yang sudah dilumuri minyak, lalu bakar dengan api sedang.

Nah, untuk pelengkap sambalnya bisa mengandalkan variasi sambal terasi yang jadi favorit. Lebih praktis lagi jika menikmatinya bersama ABC Sambal Nusantara Terasi karena cita rasanya seotentik sambal rumahan yang siap bikin menu ikan bakar ini makin sedap. 

3. Lengkapi dengan Tumis Kangkung Teri yang Bernutrisi

Menu berbuka puasa akan lebih lengkap dengan sayuran yang menambah kebutuhan nutrisi keluarga. Ibu bisa berkreasi dengan masakan sederhana seperti tumis kangkung teri yang sehat dan bernutrisi. Pilih kangkung dan teri segar untuk menjaga cita rasa dan kualitas masakan untuk keluarga. 

Kombinasi bumbu bawang merah, bawang putih, cabe, dan saus tiram dapat menghadirkan sajian tumis kangkung yang nikmat banget. Jangan lupa damping dengan ABC Sambal Nusantara Terasi yang siap melezatkan masakan di rumah dengan cita rasa pedas otentiknya. 

Itu tadi kreasi resep sambal terasi tomat yang bisa dicoba di rumah lengkap dengan food pairing yang cocok untuk menu sambal terasi apa saja, termasuk ABC Sambal Nusantara Terasi. Siap mencobanya sendiri di rumah, Sahabat Fimela? 

* berlaku untuk cabai rawit merah, bawang merah, dan terasi

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading