Sukses

Lifestyle

4 Tips Dasar agar Minyak Goreng Tak Cepat Menghitam

Fimela.com, Jakarta Penggunaan minyak goreng yang sudah menghitam dapat memengaruhi aroma hingga warna makanan. Aneka olahan yang kita buat dengan cara digoreng pun hasilnya bisa jadi kurang sempurna.

Supaya minyak goreng tidak cepat menghitam, ada beberapa tips dasar yang perlu kita ikuti. Mulai dari proses penggunaan hingga penyimpanannya. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Sebisa Mungkin Tidak Menggunakan Api Besar

Warna minyak goreng bisa cepat berubah jadi kehitaman bila kita menggunakan api besar dalam proses penggorengan. Minyak yang terlalu panas akan cepat berubah jadi kehitaman. Jadi, sebaiknya gunakan api kecil atau api sedang saja untuk menggoreng.

2. Sisa-Sisa Makanan yang Tertinggal di Minyak Harus Segera Dibersihkan

Misalnya, dalam membuat olahan gorengan yang bertepung, biasanya akan ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di minyak. Sisa-sisa ini perlu segera dibersihkan. Supaya kualitas minyak bisa lebih terjaga, kita harus lekas membersihkan sisa-sisa ini secepat mungkin. Karena kalau dibiarkan begitu saja, nantinya sisa-sisa makanan akan semakin larut dan mengotori minyak.

 

 

3. Jauhkan Minyak dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Proses penyimpanan minyak juga perlu diperhatikan. Karena jika tak disimpan dengan baik, minyak akan cepat berubah warna jadi keruh dan menghitam. Simpan minyak dalam wadah stainless atau botol tertutup rapat. Jauhkan dari sumber panas dan paparan sinar matahari langsung.

4. Maksimal Penggunaan Minyak adalah Tiga Kali

Minyak sebaiknya tak dipakai berulang-ulang. Maksimal tiga kali penggunaan atau penggorengan saja. Jika digunakan berulang-ulang, minyak akan menghitam dan pastinya kualitasnya pun akan menurun.

Itu tadi beberapa tips dasar yang bisa dicoba agar minyak sayur tidak cepat menghitam. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading