Sukses

Lifestyle

Tips Sederhana Atasi Rasa Cemas yang Bisa Kamu Lakukan

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu sedang cemas dan gelisah? Kita semua pasti pernah merasakannya pada saat tertentu. Mungkin perasaan ini muncul sebelum berpidato, mengikuti tes, atau berkencan. Kemungkinannya tidak terbatas dan gejalanya bisa jadi menjengkelkan atau benar-benar melemahkan.

Kecemasan dan kegelisahan dapat muncul dalam dua jenis situasi. Pertama, situasi saat menghadapi rasa takut, misalnya memulai hubungan baru dan kedua, situasi seperti saat berbicara di depan umum. Perbedaan antara keduanya yaitu tetap ingin berada dalam situasi meskipun merasa cemas dan sama sekali tidak ingin berada dalam situasi itu.

Dalam situasi apa pun yang sedang dialami, akan sangat membantu untuk mengetahui bagaimana menenangkan kecemasan sehingga dapat mengendalikan perasaanmu. Melansir dari yourtango.com, berikut beberapa tips sederhana untuk menangani rasa cemas dan gelisah yang sedang dirasakan.

Bernapas

Bernapas adalah senjata rahasia untuk mengatasi perasaan cemas dan gelisah. Kamu harus bernapas secara teratur dengan mengambil napas panjang dan pelan-pelan, lalu hembuskan sepenuhnya. Usahakan untuk bernafas kurang dari dua belas kali per menit. Menurut Robert Heller, bernapas dapat membantu menyingkirkan rasa takut saat kamu ingin melakukan sesuatu.

Ketakutan dan kegembiraan adalah perasaan dengan energi tinggi yang mengalir melalui saluran yang sama dalam tubuh. Bantu mereka untuk terus mengalir dan kamu akan mulai merasakan kegembiraan. 

Tips atasi rasa cemas

Singkirkan rasa cemas dan gelisah yang sedang dirasakan

Kecemasan membawa ketegangan ke dalam tubuhmu. Mungkin awalnya tidak terasa tetapi lama-kelamaan akan membuat napas semakin dangkal dan segala pikiran malapetaka tentang kegagalan yang menghampirimu akan langsung terbayangkan.

Rileks dan angkat bahumu agar tidak terasa tegang. Regangkan punggung dan putar pergelangan kaki. Gerakan seluruh tubuhmu dengan bantuan pernapasan penuh. Dengan begini, kamu akan lebih merasa tenang dan rasa cemas akan menghilang.

Buang ingatan tentang kegagalan dimasa lalu

Ketika cemas, tubuh menjadi tegang dan pernapasan menjadi dangkal. Agar pikiran tidak dikaitkan dengan kegagalan masa lalu atau pengalaman negatif dan membayangkan ini akan terulang di masa depan, buang jauh-jauh pikiran itu dan fokus pada tujuanmu yang baru.

Perubahan hanya dapat terjadi sekarang. Kembalilah pada saat ini, di mana kehidupan dijalani dan biarkan pikiran mental dan strategi tubuh menjadi sekutu dalam pencarian perdamaian dan kegembiraan. Upaya yang baik jika kamu berhenti mengingat masa lalu dan fokus pada apa yang menjadi tujuanmu sekarang. Dengan itu, kamu akan melupakan rasa cemas dan gelisah yang sedang dirasakan.

Itulah beberapa tips sederhana untuk kamu yang ingin mengatasi rasa cemas dan gelisah yang sedang dirasakan. Tentunya, kiat-kiat ini mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba, Sahabat Fimela.

(Rafinda)

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading