Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuat WFH Tetap Efektif Menyelesaikan Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta WFH atau Work From Home menjadi satu langkah yang sedang diambil oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia saat ini untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. WFH terbukti berhasil di beberapa negara lain, seperti Cina, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Namun, bagi kamu yang tidak terbiasa WFH, mungkin akan terasa sangat membosankan dan justru tidak efektif untuk bekerja, benar? Tenang, berdasarkan rilis yang FIMELA dapat dari Pegipegi, berikut ini adalah beberapa cara membuat WFH tetap efektif untuk bekerja.

1. Menerapkan jam kerja seperti biasa

Walaupun WFH, kamu harus tetap menciptakan suasana kerja yang kondusif. Lakukan dengan menerapkan jam kerja yang sama seperti ketika kamu bekerja di kantor.

Waktu perjalanan dari rumah ke kantor gantikan dengan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum bekerja. Kamu bisa membuat sarapan bergizi, minum kopi, atau menyelesaikan pekerjaan rumah terlebih dahulu.

Posisi duduk juga sangat berpengaruh, jangan bermalas-malasan di sofa atau tempat tidur. Walaupun WFH, kamu disarankan tempat mengenakan pakaian yang baik untuk mengubah suasana hati.

 

 

2. Mempertahankan sosialisasi dengan teman kerja

Bekerja dari rumah membuat kamu terpisah sementara dari teman kerja, sehingga komunikasi adalah hal penting untuk membangun suasana kerja yang efektif. Pastikan komunikasimu dengan teman kerja berjalan dengan baik selama WFH.

3. Komunikasikan dengan orang rumah

Tidak semua orang paham dengan konsep WFH, terutama jika di rumahmu ada anak-anak. Inilah pentingnya memberi informasi yang jelas kepada orang rumah.

Kamu juga bisa membuat beberapa peraturan, seperti waktu-waktu kamu tidak bisa diganggu karena ingin fokus kerja. Siapkan aktivitas yang menarik bagi anak agar mereka tidak bosan dan mengganggumu bekerja.

4. Istirahat yang cukup

Biasanya suasana WFH akan membuatmu lupa waktu. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan waktu-waktu istirahat.

Selain waktu makan siang, usahakan kamu memiliki waktu untuk peregangan atau tidur siang setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Cara ini akan membantumu lebih fokus melanjutkan pekerjaan.

5. Menjaga kesehatan

Hal terakhir dan yang paling penting untuk dipastikan adalah menjaga kesehatan. Beberapa hal paling mudah untuk bisa menjaga kesehatanmu adalah mengonsumsi makanan yang bergizi, vitamin, dan perbanyak minum air putih. Selamat bekerja, Sahabat FIMELA!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading